21 September 2020, 14:49 WIB

Enam Bulan Gali Terowongan, Napi WN Tiongkok Kabur


Rahmatul Fajri | Megapolitan

SEORANG narapidana warga Negara Tiongkok, Cai Changpan yang kabur dari Lapas Kelas I Tangerang ternyata telah menggali terowongan selama enam bulan terakhir. Terowongan yang ia gali terhubung ke gorong-gorong yang berada di luar lapas.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Yusri Yunus mengatakan dari pemeriksaan dan meminta keterangan dari petugas lapas dan napi satu sel, Cai Changpan menggali terowongan setelah mendapatkan peralatan di dalam lapas.

"Memang di dalam sel lapas itu sedang ada pembangunan dapur. Ada indikasi dari keterangan awal teman sel yang bersangkutan bahwa dia sudah melakukan kurang lebih 5 hingga 6 bulan dengan menggunakan beberapa alat yang sudah kita sita. Alat itu didapat dari dekat penggalian itu ada dapur itu," kata Yusri, ketika ditemui di kantornya, Senin (21/9).

Yusri mengatakan pihaknya masih melakukan penyelidikan dan mendalami apakah ada keterlibatan pihak lain yang membantu Cai Changpan kabur dari lapas. Ia mengatakan polisi bersama petugas Lapas akan melakukan penyelidikan di dalam Lapas dan memintai keterangan sejumlah pihak.

Baca juga : Di Tengah Pandemi, DKI Tegaskan Prioritaskan Pengendalian Banjir

"Ini masih kita lakukan penyelidikan bersama-sama sesuai dengan izin dari kepala lapas, kita bentuk tim untuk penyelidikan, apakah ada kemungkinan keterlibatan yang lain, nanti kita tunggu saja hasilnya seperti apa," kata Yusri.

Lebih lanjut, Yusri mengatakan polisi telah membentuk tim untuk menangkap Cai Changpan.

"Tim sudah kita bentuk bersama-sama karena kami hari Jumat sore yang lalu menerima laporan tersebut dengan tim dari Lapas Tangerang kemudian tim sudah bergerak. Kita bentuk tim bersama-sama untuk mengejar bersangkutan," kata Yusri.

Cai Changpan merupakan narapidana narkoba yang divonis hukuman mati sejak 2017. Sebelumnya, viral di media sosial video yang memperlihatkan Cai Changpan kabur dari Lapas Kelas I Tangerang. (OL-2)

 

BERITA TERKAIT