21 September 2020, 13:05 WIB

Di Tengah Pandemi, DKI Tegaskan Prioritaskan Pengendalian Banjir


Putri Anisa Yuliani | Megapolitan

DI tengah pelemahan ekonomi yang menyebabkan berkurangnya APBD hingga 53%, Pemprov DKI Jakarta menegaskan tetap memprioritaskan anggaran pengendalian banjir.

Asisten Bidang Pembangunan dan Lingkungan Hidup Setda DKI Jakarta Yusmada Faizal mengatakan hal itu sesuai dengan arahan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"Meskpun kita ketahui bersama DKI Jakarta, dan umumnya Indonesia, terkena pandemi dan terkait kontraksi APBD, ada pengurangan. Tapi diingatkan bahwa arahan Pak Gubernur, banjir ini tetap prioritas ditangani. Semua anggaran akan dicukupkan," kata Yusmada dalam sambutannya di acara Grebeg Lumpur yang dilakukan Dinas Sumber Daya Air DKI di Waduk Ria Rio, Jakarta Timur, Senin (21/9).

Baca juga: Dinas SDA DKI Lakukan 'Grebeg Lumpur' Untuk Kendalikan Banjir

Ia menegaskan agar baik Sudin maupun Dinas SDA DKI tidak ragu mengerahkan seluruh daya baik alat maupun sumber daya manusia untuk memprioritaskan pengendalian banjir.

"Kerahkan semua alat-alat yang ada untuk paling tidak memfungsikan normal waduk dan kali. Upaya-upaya yang ada untuk mengatasi aliran air," ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Yusmada juga meminta Pemprov DKI Jakarta memprioritaskan pembangunan sumur resapan.

"Semoga kita semua bisa membuat sumur resapan. Agar paling tidak hujan yang turun dua jam itu bisa ditahan dan meminimalisir genangan. Tolong ini semua dilakukan maksimal sampai nanti kita menghadapi puncak musim hujan pada Januari atau Februari," tukasnya. (OL-1)

BERITA TERKAIT