21 September 2020, 12:17 WIB

Perempuan Jepang Jadi Orang Tertua di Dunia yang Masih Hidup


Haufan Hasyim Salengke | Internasional

KANE Tanaka, yang diakui oleh Guinness World Records sebagai orang tertua di dunia, mencetak rekor usia Jepang sepanjang masa yaitu 117 tahun dan 262 hari, Minggu (20/9).

Kementerian Kesehatan mengatakan rekor sebelumnya dipegang oleh perempuan Jepang lainnya, Nabi Tajima dari Pulau Kikai di barat daya Jepang. Dia meninggal pada April 2018.

Tanaka, yang merupakan anak ketujuh dari sembilan bersaudara, lahir pada 2 Jan 1903. Saat ini, Tanaka tinggal di panti jompo di Kota Fukuoka, juga di barat daya Jepang.

Dia dianugerahi gelar orang tertua di dunia yang masih hidup oleh Guinness pada Maret 2019.

Baca juga:  Fredie Blom, Pria Tertua di Dunia Meninggal di Usia 116 Tahun

Kyodo News melaporkan ketika Tanaka menyamai rekor usia Jepang sepanjang masa pada Jumat (18/9). Ia merayakan prestasi tersebut dengan menikmati minuman favoritnya Coke dan mengenakan T-shirt yang dicetak dengan foto wajahnya. Itu diberikan oleh cucunya yang berusia 60 tahun, Eiji.

"Bahkan di tengah pandemi virus korona baru, Nenek baik-baik saja dan terlihat menikmati hidupnya setiap hari. Sebagai sebuah keluarga, kami bahagia dan bangga dengan rekor baru ini," kata Eiji.(New Straits Times/OL-5)

BERITA TERKAIT