21 September 2020, 11:12 WIB

Anggota DPR Optimistis Pilkada 2020 Aman di Tengah Pandemi


Theofilus Ifan Sucipto | Politik dan Hukum

KETUA Komisi II DPR Ahmad Doli Kurnia Tandjung yakin Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020 akan bisa berlangsung di tengah pandemi covid-19. Doli menyebut pelaksanaan pesta demokrasi itu bakal aman.

"Kita harus tetap optimistis bisa menjalankan seluruh agenda nasional termasuk Pilkada walaupun di tengah masa pandemi," kata Doli saat dihubungi, Senin (21/9).

Doli mengaku sempat ada kendala berupa kerumunan massa saat pendaftaran calon kepala daerah pada 4 sampai 6 September 2020. Namun, dia mengklaim hal tersebut sudah diatasi.

Baca juga: Penyelenggara Pilkada tidak Boleh Pasrah dengan Covid-19

"Sampai saat ini, situasi di 270 Wilayah yang melaksanakan Pilkada masih terkendali," ujar politikus Partai Golkar itu.

Doli mengatakan pemerintah, penyelenggara Pilkada, dan DPR tidak boleh lengah. Mereka harus mewaspadai tantangan pada tahapan berikutnya.

"Seperti rawannya terjadi pelanggaran protokol kesehatan saat penetapan pasangan calon, masa kampanye, dan hari pemilihan," tutur dia.

Komisi II DPR, kata Doli, bakal terus berkoordinasi dengan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Komisi Pemilihan Umum (KPU), dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Mereka akan merumuskan aturan yang jelas dan tegas ihwal protokol kesehatan dan sanksi pelanggaran.

"Kami juga mendorong agar pemerintah segera menyusun dan menerbitkan Perppu yang lebih tegas dalam penegakan disiplin terhadap pelanggaran protokol kesehatan covid-19," pungkas Doli. (OL-1)

BERITA TERKAIT