21 September 2020, 11:02 WIB

Soal Iran, Pompeo Tuding Eropa Berpangku Tangan


Basuki Eka Purnama | Internasional

MENTERI Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo, Minggu (20/9), menuding para pemimpin Eropa berpangku tangan soal penjualan senjata ke Iran setelah mereka menolak deklarasi AS yang memberlakukan lagi sanksi PBB untuk Teheran.

Pemerintahan Presiden Donald Trump mengatakan sanksi itu diaktifkan kembali berdasarkan mekanisme snapback dari kesepakatan nuklir 2015, meski AS telah menarik diri dari kesepakatan itu.

Pada Minggu (20/9), Prancis, Jerman, dan Inggris merilis pernyataan bersama menegaskan sanksi yang dijatuhkan Washington untuk Iran itu tidak memiliki efek legal.

Baca juga: Tolak Tunduk Pada AS, Iran Apresiasi Komunitas Internasional

Pompeo, dalam wawancara dengan Fox News, mengatakan penjualan senjata oleh Iran, dalam beberapa pekan ke depan, akan diizinkan kembali.

"Mereka secara pribadi mengatakan tidak ingin ada penjualan senjata dari Iran namun mereka hanya berpangku tangan," kecam Pompeo.

Pompeo mengatakan senjata yang dijual Iran itu pada akhirnya akan berakhir di tangan Hezbollah dan akan membuat warga Lebanon semakin menderita.

Sanksi PBB untuk Iran dicabut ketiga 'Negeri Para Mullah' itu menyepakati kesepakatan dengan lima anggota tetap Dewan Keamanan PBB (Inggris, Tiongkok, Prancis, Rusia, dan AS) serta Jerman yang ditandatangani pada 2015 untuk menekan program nuklir Iran. (AFP/OL-1)

 

BERITA TERKAIT