21 September 2020, 10:52 WIB

Reaktivasi Jalur KA, Kemenhub-ITB Ingin Atasi Kemacetan di Puncak


Despian Nurhidayat | Ekonomi

KEMENTERIAN Perhubungan tengah melakukan pembahasan untuk mengatasi permasalahan kemacetan yang terjadi di jalur Puncak, Bogor, Jawa Barat.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan saat ini pembahasan tersebut masih dalam proses identifikasi masalah. Pihaknya pun telah melibatkan ITB (Institut Teknologi Bandung) untuk membantu memecahkan permasalahan ini.

"Saya laporkan kami tengah membahas dengan ITB untuk memecahkan lalu lintas di Puncak. Kita mau minta ke ITB dan mungkin nantinya akan kita alihkan para pengguna kendaraan kepada angkutan masal," ungkapnya dalam acara pengoperasian reaktivasi jalur kereta api (KA) Cianjur-Ciranjang-Cipatat secara daring, Senin (21/9).

Baca juga: Menhub Resmikan Reaktivasi Jalur KA Cianjur-Ciranjang-Cipatat

Budi menambahkan jika rencana ini berjalan dengan baik, lalu lintas menuju atau dari arah Puncak akan lancar. Selain itu, dia pun berencana menyediakan bus untuk para penumpang yang akan mengunjungi villa di Puncak.

"Kalau ini bisa berjalan, nanti nggak akan macet lagi, jadi jalurnya enak. Inilah studi yang sedang kita kembangkan dengan ITB. Bahkan nanti untuk yang punya villa juga akan kami sediakan busnya," kata Budi.

Sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo, Budi mengatakan Presiden memerintahkan agar proyek yang dilakukan oleh K/L harus bermanfaat bagi masyarakat.

"Kita harus selalu berusaha untuk melakukan pembangunan yang baik dan bermanfaat bagi masyarakat," pungkasnya.(OL-5)

BERITA TERKAIT