21 September 2020, 08:04 WIB

Pasar Wage Purwokerto Terbakar


Lilik Darmawan | Nusantara

PASAR Wage, yang merupakan pasar terbesar di Kota Purwokerto, Jawa Tengah (Jateng) terbakar pada Senin (21/9) dini hari. Setidaknya 10 unit mobil  pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan api.

Berdasarkan pemantauan Media Indonesia di Pasar Wage, kebakaran terjadi di pintu barat pasar setempat. Meski terjadi kebakaran, aktivitas pasar di bagian tengah dan timur masih tetap berjalan.

Koordinator Komandan Regu Pemadam Kebakaran Satpol PP Banyumas Azis Akhlak mengatakan kebakaran diketahui pada dini hari sekitar pukul 03.15 WIB. Kemudian tim pemadam kebakaran melakukan upaya pemadaman.

Baca juga: SAR Asmat Evakuasi Kru KM Adi Utama ke Dermaga Agats

"Ada beberapa unit mobil pemadam yang didatangkan dari Pos Induk Purwokerto, Pos Damkar Wangon, Pos Damkar Ajibarang, Pos Damkar Kemranjen, dan Pos Damkar Kembaran. Seluruh kekuatan pemadam kebakaran dikerahkan ke sini untuk memadamkan api," jelas Azis.

Ia mengatakan sumber api berasal dari lantai bawah kemudian merembet ke lantai atas. Upaya terus dilakukan sampai kebakaran bisa dipadamkan.

Hingga pukul 07.00 WIB, api sudah mulai terkendali meski ada beberapa kios bagian bawah yang masih terbakar.

Kepala Bidang Pasar Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Dinperindag) Banyumas Sarikin mengungkapkan informasi awal api berasal dari blok B atau lantai bawah sebelah selatan.

"Untuk blok B ditempati sebanyak 100 pedagang pasar. Kami masih melakukan pendataan jumlah kios yang terbakar. Sebab, sampai sekarang upaya yang dilakukan adalah memadamkan api sampai tuntas," jelas Sarikin.

Kapolresta Banyumas Kombes Whisnu Caraka mengungkapkan, sampai sekarang, belum diketahui penyebab kebakaran. Namun, api diduga berasal dari blok B.

"Kami ikut mengamankan terutama agar jangan sampai terjadi  kerumunan warga,"tandasnya. (OL-1)

BERITA TERKAIT