21 September 2020, 07:41 WIB

Ribuan Demonstran Tuntut Uni Eropa Terima Pengungsi Moria


Basuki Eka Purnama | Internasional

RIBUAN orang menggelar aksi demonstrasi di Berlin dan sejumlah kota lain di Jerman, Minggu (20/9), menuntut Uni Eropa menerima pengungsi yang kehilangan tempat penampungan mereka akibat kebakaran di Yunani.

Para demonstran yang membawa spanduk bertuliskan 'Jangan Biarkan Mereka Sendirian' melakukan aksi bersama bibi dari Alan Kurdi, bocah Suriah yang menjadi simbol krisis pengungsi 2015 setelah jenazahnya ditemukan di pantai Turki.

"Saya memutuskan untuk berbicara mewakili mereka yang tidak bisa berbicara. Jika saya tidak bisa menyelamatkan keluarga saya, saya akan berusaha menyelamatkan keluarga lainnya," ujar Tima Kurdi yang mendorong warga Jerman untuk mengirim surat kepada para politisi agar bertindak.

Baca juga: Pendemo Tuntut Reformasi Monarki

"Kita tidak bisa menutup mata dan meninggalkan mereka. Manusia adalah manusia, tidak peduli dari mana mereka berasal," imbuhnya.

Polisi mengatakan sebanyak 5 ribu orang ambil bagian dalam aksi demonstrasi di Berlin. Aksi yang sama juga terjadi di Cologne, Muenchen, dan Leipzig.

Di Paris, sekitar 40 orang melakukan aksi dengan membawa poster bertuliskan 'Tidak seorang pun ilegal' dan "Suaka adalah hak asasi manusia'.

Sekitar 12.700 orang kehilangan tempat tinggal setelah api menghanguskan kamp pengungsian Moria di Pulau Lesbos, Yunani, pekan lalu.

Sejak itu, sekitar 9 ribu orang telah ditempatkan di penampungan baru. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT