21 September 2020, 02:55 WIB

Isyana Sarasvati Makin Rajin Masak


Zubaedah Hanum | Humaniora

DI akun Instagram-nya, penyanyi Isyana Sarasvati, 27, lebih sering memegang kibor atau piano daripada memasak. Menjadi sebuah kabar mengejutkan ketika Isyana didapuk sebagai bintang iklan sebuah produk penyedap masakan.

Dalam konferensi pers daring yang dilakukan pada Sabtu (19/9), Isyana mengungkapkan dirinya yakin bisa masak. Ada satu hal yang membuatnya seyakin itu. “Karena ibuku jago masak, aku yakin dari kecil bisa masak seperti ibu,” ujar perempuan kelahiran Bandung, Jawa Barat, 2 Mei 1993 itu.

Isyana ialah putri bungsu dari pasangan Luana Marpanda, seorang guru musik, dan Sapta Dwikardana, dosen yang juga grafolog. Kakaknya, Rara Sekar Larasati, merupakan vokalis band Banda Neira.

Dibesarkan dalam keluarga pendidik, Isyana di perkenalkan ke dunia musik pada usia 4 tahun oleh ibunya hingga menguasai sejumlah instrumen, seperti piano, electone, flute, biola, dan saksofon.

Pada April 2020, Isyana masuk daftar 30 under 30 Forbes Asia versi Forbes kategori entertainment and sports, dan juga masuk di kategori celebrities (kategori khusus). Isyana dianggap sosok berpengaruh sehingga terpilih dari 3.500 nomine di seluruh Asia Pasifik.

Namun sebenarnya, pelantun tembang Tetap Dalam Jiwa (2015) dan Lexicon (2019) itu menuturkan, dirinya juga tumbuh dari keluarga yang cinta memasak. Sejak kecil ia sudah mempelajari aneka masakan dari eyang dan ibunya.

Setelah menikah dengan Rayhan Maditra Indrayanto pada Februari 2020, Isyana mengaku makin sering mengeksplorasi bakat memasaknya itu. Ia senang membuat berbagai menu di dapur dan berkreasi menciptakan aneka tumis, pasta, nasi goreng, hingga steak. Dari berbagai hidangan yang dibuat Isyana, sang suami mengaku paling menyukai nasi gorengnya. 

 

Kunci pernikahan

Di mata Isyana, makanan bukan sekadar untuk menghilangkan rasa lapar, melainkan juga salah satu bumbu kunci dalam hubungan pernikahan yang bahagia. 

“Dalam kesibukan baru aku sebagai istri, aku tahu bahwa aku memiliki tanggung jawab untuk mempersiapkan masakan untuk suami tercinta,” tutur Isyana.

Apalagi dengan kondisi pandemi covid19 yang membuat gerak serbaterbatas. Isyana mengaku makin sering memasak untuk sang suami tercinta. Ia pun mengajak masyarakat untuk berkreasi membuat menu-menu baru di dapur selama berada di rumah.

Isyana Sarasvati dan Rayhan Maditra sudah menjalin hubungan asmara sejak 2007. Dua belas tahun kemudian, keduanya melangsungkan pernikahan di pada Minggu (2/2).

Dalam sebuah wawancara di kanal Youtube Mrs Ayu Dewi, Agustus 2020, Isyana mengungkapkan, pekerjaan sang suami sebagai dokter di masa pandemi covid-19 cukup membuat dirinya khawatir.

“Sebagai istri harus mengakui, manusiawi banget kita cemas. Walaupun dia tidak menangani pasien langsung, dia bertugas di rumah sakit rujukan. Kita enggak tahu apakah orang yang lewat itu carrier atau orang tanpa gejala,” tutur Isyana.

Pelantun Untuk Hati yang Terluka ini mengaku kagum sekaligus haru melihat perjuangan suaminya dan para tim medis dalam menjaga dengan baik amanat protokol kesehatan. Sebab itu, dia meminta masyarakat mematuhi protokol kesehatan dengan rajin mencuci tangan dan mengenakan masker jika bepergian ke luar rumah. (Ant/H-2)

 

BERITA TERKAIT