21 September 2020, 02:35 WIB

Lulusan PKH Layak Dapat KUR


MI | Ekonomi

MENTERI Sosial Juliari P Batubara mendorong Himpunan Bank-Bank Milik Negara (Himbara) untuk membuka akses kredit usaha rakyat (KUR) pada keluarga penerima manfaat(KPM) lulusan Prog ram Keluarga Harapan (PKH).

“Kita punya banyak KPM PKH graduasi yang sudah memiliki usaha. Mereka ini bisa langsung ditawari KUR,” kata Mensos dalam keterangan resmi, kemarin.

Juliari menyebut ada tiga alasan yang mendasarinya. Pertama, konduite mereka sudah termonitor, usaha mereka terpantau, dan data juga jelas. KPM PKH graduasi ialah alumnus program bansos yang dinilai telah mandiri secara ekonomi.

Menurutnya, KPM yang sudah lulus merupakan target nasabah yang paling aman. Jumlah KPM PKH yang cukup banyak juga menjanjikan bagi perbankan. “KPM yang kita punya itu puluhan juta. Kalau diambil sekian persen saja, sudah sekian juta sehingga tidak perlu cari nasabah yang baru,” katanya.

Juliari mengharapkan Himbara dapat bekerja aktif mencari KPM PKH yang sudah lulus itu. Menurutnya, menemukan KPM lulusan PKH tidak sulit karena sudah tersedia banyak jaringan. Juliari meminta kepada pemimpin daerah untuk berperan menjembatani penyaluran KUR antara perbankan dan KPM lulusan PKH.

“KPM yang graduasi yang berdagang dan perlu modal bisa kawinkan saja dengan bank. Kasihlah kredit. Nanti yang sudah graduasi sudah tidak perlu lagi terima bantuan,” katanya.

Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Kemensos Pepen Nazarudin mengatakan KPM yang telah lulus dari awal tahun hingga Agustus lalu telah mencapai 711.126 keluarga, atau mencapai 71,1% dari target, yakni 1 juta KPM. (Wan/H-2)

 

BERITA TERKAIT