20 September 2020, 17:41 WIB

Kapolda Tinjau Operasi Yustisi Prokes Di Daerah Rawan Covid-19


Heri Susetyo | Nusantara

KAPOLDA Jawa Timur Irjen M Fadil Imran didampingi Wakapolda Brigjen Slamet Hadi Supraptoyo bersama sejumlah pejabat utama memantau langsung pelaksanaan operasi yustisi protokol kesehatan (prokes) kawasan rawan penyebaran covid-19, Sabtu malam (19/9).

Peninjauan operasi yustisi tersebut di Jalan Tambak Sari di depan Stadion 10 November Surabaya dan kawasan Jembatan Suramadu. Dua wilayah ini dikenal sebagai kawasan padat yang rawan akan penularan covid-19.

Di dua kawasan ini petugas masih mendapati banyak warga tak menggunakan masker. Selain itu juga ditemukan banyak warga bergerombol tidak memperhatikan physical distancing.

Mereka yang tak mengenakan masker ataupun yang bergerombol dikenai sanksi denda. Sanksi denda diberikan sesuai Perda Nomor 2 tahun 2020.

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan, kegiatan ini akan terus dilakukan secara kontinyu selama masa pandemi. Maka dia mengimbau masyarakat untuk menggelorakan Jatim bermasker.

"Kita sudah gelorakan Jatim bermasker, sudah jutaan masker oleh Forkopimda Jatim diberikan kepada masyarakat, dan juga sudah sosialisasi, edukasi, mari kita sama-sama sadar, sama-sama berpartisipasi dan sama-sama memberikan dan mengingatkan, gotong royong, guyup," kata Trunoyudo.

Trunoyudo menambahkan, operasi yustisi akan lebih banyak dilakukan di daerah yang banyak warganya terdeteksi covid-19. Selain penegakan lewat penindakan dan denda, tujuan operasi yustisi untuk mengedukasi warga terkait penyebaran covid-19.

"Sasaran kita mengacu pada data, apabila di situ merupakan wilayah yang klasternya ada dan kemudian terkonfirmasinya tinggi tentu kita lakukan intervensi dengan melakukan edukasi, preventif, dan juga penindakan," kata Trunoyudo. (J-1)

BERITA TERKAIT