20 September 2020, 15:14 WIB

Pimpinan KPU Positif Covid-19, Persiapan Pilkada Jalan Terus


Tri Subarkah | Politik dan Hukum

KOMISI Pemilihan Umum tidak terganggu dalam menghadapi persiapan Pilkada 2020 meski beberapa pimpinannya terkonfirmasi positif Covid-19. Hal itu ditegaskan oleh Komisioner KPU Viryan Azis.

"Terus berjalan," kata Viryan melalui keterangan tertulis kepada Media Indonesia, Minggu (20/9).

Baca juga: Halau KSB, Satu Prajurit TNI Gugur

Jumat kemarin, Ketua KPU Arief Budiman mengumumkan dirinya terpapar covid-19. Sehari setelahnya, hal serupa disampaikan Komisioner KPU Pramono Ubaid Tanthowi.

Meskipun positif Covid-19, namun keduanya masuk dalam kategori orang tanpa gejala dan hanya menjalani isolasi mandiri di rumah dinas masing-masing.

Menurut Viryan, saat ini pihaknya sedang berembuk dalam mempersiapkan rapat dengar pendapat di DPR RI yang diagendakan Senin (21/9) besok.

"Kita sekarang sedang membahas secara online untuk persiapan RPD (rapat dengar pendapat) besok di Komisi II," jelasnya.

Setelah dinyatakan positif, Arief mengatakan bahwa dirinya bekerja selama menjalani isolasi mandiri. Hal serupa juga disampaikan oleh Pramono.

"Saya tetap melaksanakan tugas-tugas persiapan penyelenggaraan Pilkada 2020 melalui WFH (work from home)," ujar Pramono.

Baca juga: Ketua Dewas KPK Tumpak Negatif Covid-19

Sebelumnya, Komisioner KPU lain, yakni Evi Novida Ginting juga dinyatakan positif covid-19 pada Rabu (9/9) lalu. Seperti halnya Pramono dan Arief, Evi juga tidak mengalami gejala Covid-19 dan hanya menjalani isolasi mandiri.

Adapun saat ini KPU dihadapkan dengan agenda penetapan bakal pasangan calon daerah. Rencananya, agenda itu akan dilakukan pada tanggal 23-24 September. (OL-6)

BERITA TERKAIT