20 September 2020, 17:15 WIB

Tak Taat Protokol Covid-19, Bawaslu Babar Ancam Setop Kampanye


Rendy Ferdiansyah | Nusantara

BADAN pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bangka Barat (Babar) mengimbau pasangan calon (paslon) kepala daerah yang akan melaksanakan kegiatan kampanye untuk menerapkan Protokol kesehatan (prokes) Covid-19. Sebab, jika tidak kampanye akan dihentikan.

Ketua Bawaslu Kabupaten Bangka Barat, Rio Febri Fahlevi, menyatakan pihak Bawaslu hanya akan menghentikan kegiatan kampanye yang tidak menerapkan Protokol Kesehatan.

Baca juga: Razia Prokes Berlanjut di Bali, Ratusan Pelanggar Didenda

Ia mengaku, berbicara terkait dengan pendisiplinan Protokol Kesehatan jika memang ada aturan pembubaran apabila kegiatan kampanye nanti tidak menerapkan Protokol Kesehatan maka bukan wewenang pihaknya.

"Kalau bubar itu bukan kewenangan kami, kami Bawaslu hanya menghentikannya saja," kata Rio, Minggu (20/9).

Pihaknya, menurut Rio, sebagai tindak lanjut setelah dihentikan akan berkoordinasi dengan Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 dan pihak kepolisian.

"Selanjutnya akan berkordinasi dengan kepolisian maupun satuan tugas yang di tingkat kecamatan untuk pembubarannya seperti apa," ungkapnya.

Ia menambahkan, pihaknya mengimbau kepada seluruh pasangan calon untuk tidak menggelar konser musik saat melaksanakan kampanye.

"Kita imbau saat kampanye tidak ada konser musik," imbuh dia. (OL-6)

BERITA TERKAIT