20 September 2020, 14:20 WIB

Halau KSB, Satu Prajurit TNI Gugur


Cahya Mulyana | Politik dan Hukum

KEPALA Penerangan Kodam XVII/Cendrawasih Letkol Arm Reza Nur Patria menerangkan satuan tugas bawah komando operasi (Satgas BKO) Aparat teritorial (Apter) Koramil Persiapan Hitadipa kontak senjata dengan Kelompok Separatis Bersenjata (KSB). Akibatnya satu anggota Apter gugur bernama Pratu Dwi Akbar Utomo.

"Pada Sabtu (19/9) sekitar pukul 13.20 WIT bertempat di Pos Distrik Hitadipa Kabupaten Intan Jaya telah terjadi kontak tembak antara Satgas BKO Apter Koramil Persiapan Hitadipa dengan KSB. Salah satu personel Satgas Apter terkena tembakan, Pratu Dwi Akbar Utomo dan pada pukul 14.50 WIT korban dinyatakan meninggal dunia," ujarnya dalam keterangan resmi, Minggu (20/9).

Menurut dia, jenazah Pratu Dwi Akbar Utomo sedang diurus proses evakuasi ke Timika. Aparat keamanan gabungan TNI dan Polri saat ini melaksanakan penyisiran di sekitar tempat kejadian.

Baca juga : Ketua Dewas KPK Tumpak Negatif Covid-19

Padahal, kata dia, tugas Satgas BKO Apter Koramil Persiapan Hitadipa Kampung Hitadipa tengah menjalankan tugas yang tujuan akhirnya meningkatkan taraf hidup masyarakat Papua. Satgas BKO Apter yang bertugas di Provinsi Papua bertujuan untuk menyiapkan Koramil dan Kodim baru.

"Itu dalam rangka membantu pemerintah daerah melaksanakan pembangunan yang berkelanjutan yang pada akhirnya bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Papua," pungkasnya. (P-5)

BERITA TERKAIT