20 September 2020, 14:04 WIB

Kementan Siap Realokasi Pupuk untuk Penuhi Kebutuhan Petani


mediaindonesia.com | Ekonomi

KEMENTERIAN Pertanian (Kementan) menyatakan siap melakukan realokasi pupuk subsidi untuk memenuhi kebutuhan petani. Hal ini sekaligus menjawab keluhan petani di Karawang dan daerah lain yang kekurangan pupuk subsidi.

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengatakan distribusi pupuk subsidi akan terus dilakukan. Namun Kementan harus memastikan alokasi tersebut benar-benar sampai ke tangan penerima manfaat.

“Kementerian Pertanian akan selalu mengupayakan agar petani yang telah terdaftar di eRDKK bisa mendapatkan haknya. Karena, dengan anggaran yang dikurangi, Kementerian Pertanian harus lebih selektif dalam mendistribusikan pupuk subsidi,” tutur Mentan SYL, Minggu (20/9).

Skema pemenuhan pupuk untuk petani disampaikan Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian, Kementerian Pertanian Sarwo Edhy. Salah satu skema yang dijalankan adalah melakukan realokasi pupuk.

“Kita rencananya menarik stok pupuk Desember untuk memenuhi kebutuhan September. Atau menarik daerah yang memiliki stok lebih ke daerah yang masih kurang. Dengan cara ini, kebutuhan pupuk kita harapkan bisa terpenuhi,” katanya

Hanya saja, Sarwo Edhy mengatakan realokasi tersebut akan dilakukan berdasarkan kebutuhan petani dan sesuai dengan masa tanamnya. 

“Skema distribusi pupuknya seperti ini, daerah yang sudah memasuki masa tanam berdasarkan luas lahan dan kalender tanam, akan kita upayakan mendapat pupuk terlebih dahulu. Sedangkan daerah lain menyesuaikan,” terangnya. 

Sarwo Edhy menegaskan, Kementan akan terus berupaya memenuhi kebutuhan petani, meski anggaran dan alokasi pupuk subsidi sangat terbatas.  Untuk itu, verfikasi penerima pupuk subsidi dilakukan dengan sangat ketat dan diatur pula dalam Permentan 01/2020.(OL-09)

BERITA TERKAIT