20 September 2020, 14:05 WIB

Wapres: Generasi Muda Indonesia Bisa Belajar Kreativitas Masyaraka


Emir Chairullah | Humaniora

WAKIL Presiden Ma'ruf Amin berharap generasi muda Indonesia bisa mengambil contoh positif dari kemampuan masyarakat Korea Selatan mengenal budaya popularnya. Ma’ruf berharap kegemaran generasi muda terhadap K-pop bisa memacu kreativitas sehingga berdampak pada budaya nasional untuk ‘go international’. 

"Maraknya budaya K-pop diharapkan juga dapat menginspirasi munculnya kreativitas anak muda Indonesia dalam berkreasi dan mengenalkan keragaman budaya Indonesia ke luar negeri," katanya saat memberi sambutan secara virtual pada peringatan 100 Tahun Kedatangan Warga Korea di Indonesia, Minggu (20/9).

Ia mengakui, saat ini musik K-Pop dan tayangan drama asal Korea Selatan begitu digemari anak muda Indonesia. Menurutnya, kegemaran budaya K-pop ini sebagai peningkatan hubungan sosial kebudayaan antara dua bangsa. Sebab, ketertarikan warga Indonesia terhadap Korea ini juga telah mendorong meningkatnya wisatawan Indonesia ke Korea. 

“Ini juga berlaku sebaliknya untuk Indonesia dan menjadi momentum mengenalkan budaya Indonesia. Diharapkan wisatawan Korea juga semakin banyak datang ke Indonesia," kata Ma'ruf.

Baca juga : Wapres Apresiasi 100 Tahun Kedatangan Orang Korea di Indonesia

Selain itu, Ma’ruf berharap hubungan yang telah terjalin antara Indonesia dan Korea Selatan bisa terus ditingkatkan. Salah satunya melalui kerja sama di bidang teknologi dimana Indonesia bisa belajar banyak dari Korea. “Indonesia bisa banyak belajar dari Korea. Investasi dan alih teknologi diharapkan bisa membuat produk Indonesia semakin meningkat kualitasnya, bisa diekspor ke luar negeri. Hingga diharapkan juga makin banyak produk-produk Indonesia bisa diterima di Korea,” jelasnya.

Wapres pun menyampaikan harapannya agar kemitraan yang telah dibentuk antara Indonesia dan Korea di banyak bidang dapat memberi manfaat bagi kedua negara dan dapat menjadi fondasi dalam memperkuat persahabatan keduanya, baik secara formal kenegaraan maupun secara non formal antar warganya. 

“Ke depan, diharapkan hubungan baik ini semakin memberi manfaat bagi warga kedua negara. Peringatan 100 tahun kedatangan warga Korea di Indonesia ini merupakan momen penting untuk semakin meningkatkan hubungan dan kerja sama yang baik antara kedua negara,” pungkas Wapres. (P-5)

BERITA TERKAIT