20 September 2020, 12:18 WIB

Trump Janji Tunjuk Hakim Perempuan sebagai Pengganti Ginsburg


Haufan Hasyim Salengke | Internasional

PRESIDEN Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengatakan, pekan depan, dia akan mencalonkan seorang perempuan untuk menggantikan posisi Hakim Agung Ruth Bader Ginsburg, meningkatkan perselisihan politik atas penggantinya.

Ginsburg, 87, meninggal pada Jumat (18/9), hanya beberapa minggu sebelum Pemilu Presiden AS.

Saingan Trump dari Partai Demokrat, Joe Biden, menegaskan keputusan penggantinya harus menunggu sampai setelah Pilpres.

Keseimbangan ideologis pengadilan beranggotakan sembilan orang itu sangat penting dalam putusan tentang masalah paling penting dalam undang-undang AS.

Baca juga: New York Berencana Dirikan Patung Hakim Ginsburg

Tapi, Presiden Trump telah bersumpah untuk menetapkan pengganti Ginsburg tanpa penundaan, sebuah langkah yang telah membuat marah Demokrat.

"Saya akan mengajukan calon minggu depan, seorang perempuan," kata Trump saat kampanye di Fayetteville, North Carolina, Sabtu (19/9). "Menurut saya, sebaiknya perempuan karena saya lebih menyukai perempuan daripada pria."

Sebelumnya, Trump memuji dua hakim perempuan di pengadilan banding kota sebagai pilihan yang memungkinkan.

Kedua hakim itu--Amy Coney Barrett dan Barbara Lagoa--adalah konservatif yang akan memberi keuntungan di Mahkamah Agung untuk Partai Republik.

Demokrat dengan keras menentang pencalonan apa pun sebelum Pemilu November, dengan alasan Senat Republik memblokir pilihan Presiden Demokrat Barack Obama untuk kursi pengadilan tinggi AS pada 2016. (BBC/OL-1)

BERITA TERKAIT