20 September 2020, 07:55 WIB

Sempat Patahkan Raket, Djokovic Melaju ke Semifinal Italia Terbuka


Basuki Eka Purnama | Olahraga

UNGGULAN teratas Novak Djokovic meluapkan rasa frustasinya dengan memecahkan raket saat menang 6-3, 4-6, dan 6-3 atas petenis kualifikasi Dominik Koepfer di laga perempat final Italia Terbuka, Sabtu (19/9).

Petenis peringkat satu dunia itu membutuhkan waktu lebih dari dua jam untuk mengalahkan petenis Jerman berperingkat 97 dunia itu untuk melaju ke laga semifinal turnamen pemanasan Prancis Terbuka itu.

Dua pekan setelah didiskualifikasi karena tidak sengaja memukul bola hingga mengenai seorang hakim garis di Amerika Serikat (AS) Terbuka, petenis Serbia itu kembali kesulitan mengendalikan emosinya.

Baca juga: Nadal Gagal Pertahankan Gelar di Italia Terbuka

Dia membanting raket saat kehilangan servis dan berteriak di Central Court di Foro Italico yang kosong.

"Ini bukan raket pertama atau yang terakhir saya patahkan. Saya pernah melakukannya sebelumnya," kata Djokovic.

"Saya kemungkinan akan melakukannya lagi. Saya tidak ingin melakukannya, namun saya tidak bisa mencegahnya."

"Itu adalah cara saya melepas stres. Itu bukan pesan yang terbaik, terutama bagi para petenis muda yang mengidolai saya."

"Saya tidak mendorong perilaku semacam ini namun saya juga manusia. Saya bekerja keras mengendalikan kesehatan mental saya seperti saya memperhatikan kesehatan fisik saya."

"Ini adalah saya. Meski tidak sempurna, saya melakukan yang terbaik," tegasnya.

Servis Djokovic sempat dipatahkan empat kali sebelum dia melaju ke semifinal ke-11 di Italia Terbuka, tempat dia sembilan kali melaju ke babak final dan menjadi juara sebanyak empat kali.

Di laga semifinal, petenis berusia 33 tahun itu akan berhadapan dengan petenis Norwegia Casper Ruud yang mengalahkan unggulan keempat asal Italia Matteo Berrettini 4-6, 6-3, dan 7-6 (7/5). (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT