20 September 2020, 07:03 WIB

Ada Pandemi, Pembayaran SIM di Klaten Secara Cashless


Djoko Sardjono | Nusantara

KEPOLISIAN Resor Klaten, Jawa Tengah, menerapkan sistem pembayaran tanpa menggunakan uang tunai (cashless) dalam pengurusan surat izin mengemudi (SIM). Meski begitu, pembayaran secara tunai tetap dilayani di loket Satuan Penyelenggara Administrasi (Satpas) SIM Polres Klaten.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Klaten AK Bobby Anugrah Rahman didampingi Kepala Unit Regident Ipda Wahyu saat ditemui di Mapolres, Sabtu (19/9), mengatakan sistem cashless atau pembayaran tanpa menggunakan uang tunai dalam pengurusan SIM adalah inovasi baru di
Polres Klaten.

"Sistem cashless yang diberlakukan di Satpas SIM Satlantas Polres Klaten juga terkait dengan situasi pandemi covid-19. Ini bentuk dukungan protokol kesehatan yang berlaku. Dengan sistem cashless, interaksi (pertemuan) fisik antara petugas dan pemohon SIM diminimalkan," jelasnya.

Baca juga: Pandemi Covid-19, Pemkab Klaten Bantu 60 Ribu Warga

Jadi, pemberlakuan sistem cashless juga untuk mengurangi kerumunan pemohon SIM. Ini sebagai upaya antisipasi dan pencegahan covid-19 di Satpas SIM Polres Klaten.

Meski begitu, pembayaran pengurusan SIM secara tunai tetap dilayani baik pemohon SIM baru maupun perpanjangan.

"Dengan sistem cashless ini, pertemuan langsung antara petugas pelayanan di Satpas SIM dan masyarakat pemohon dapat diminimalkan. Kerumunan orang di loket pembayaran pun bisa dikurangi dan kemungkinan persebaran covid-19 di Satpas SIM Polres Klaten dapat dicegah," imbuhnya.

Bobby menjelaskan, dengan sistem cashless, pemohon SIM cukup men-scan  barcode di fasilitas cashless yang sudah disiapkan di Satpas SIM Polres Klaten. Begitu barcode di ponsel pemohon SIM sudah ter-scan, otomatis pembayaran biaya SIM langsung masuk ke rekening BRI.

Menurut Bobby, inovasi cashless sudah diterapkan di Polres Klaten sekitar dua pekan lalu. Kabarnya, sistem cashless ini merupakan inovasi pertama di Indonesia.

Ternyata, banyak pemohon SIM terutama kalangan muda yang memilih sistem cashless ketimbang membayar dengan uang tunai.

Selain mengembangkan sistem cashless, Polres Klaten saat ini juga tengah menyosialisasikan pelayanan SIM keliling Sijuminten (SIM Jumat Minggu Enten).

Satpas SIM Polres Klaten tiap hari rata-rata melayani sekitar 200 pemohon SIM, baik baru maupun Perpanjangan. (OL-1)

BERITA TERKAIT