20 September 2020, 03:25 WIB

Dian Sastro: Ingin Indonesia seperti Korsel


Media Indonesia | Hiburan

AKTRIS Dian Sastrowardoyo percaya bahwa industri film bisa turut berkontribusi pada kemajuan sebuah bangsa. Sebagai ilustrasi, ia mencontohkan perfilman di Korea Selatan yang mampu mengangkat perekonomian ataupun harkat bangsa.

Demam drama Korea, ujar perempuan kelahiran 16 Maret 1982 itu, tak hanya berpengaruh pada penjualan fi lm atau serial, tapi juga pada bidang lain, seperti kuliner, fesyen, gadget, dan pariwisata.

“Dulu enggak banyak yang punya ide tentang orang-orang Korea itu seperti apa, kebudayaannya, bahasanya, makanannya. Hampir di semua drama Korea ada adegan makan-makannya, kita jadi penasaran sama rasanya kayak apa,” ujar Dian dalam sesi M-Class: Diskusi Perfi lman.

Pemain fi lm Aruna & Lidahnya itu mengatakan bahwa selama industri fi lm, khususnya di Indonesia, belum dianggap sebagai sektor yang menguntungkan, menuju ke arah seperti Korea Selatan akan sulit. Namun, jika mendapatkan dukungan semua pihak, Dian yakin Indonesia secara perlahan bisa seperti Korea Selatan.

Walau industri fi lm hanya industri kreatif, di Korea akhirnya bisa membangkitkan perekonomiannya. “Itu karena semua orang ngefan sama orang Korea, dia jualan mi instan juga jadi laku, gula, permen semua laku,” kata produser fi lm Guru-Guru Gokil itu. (Ant/H-1)

BERITA TERKAIT