19 September 2020, 11:15 WIB

Peduli Kesehatan Masyarakat Bawah, Resmikan Klinik Merakyat


Achmad Maulana | Humaniora

KESEHATAN memang menjadi sesuatu yang sangat berharga pada masa pandemi covid-19 seperti saat ini. Sayangnya, masih banyak juga orang yang mengabaikan protokol kesehatan dan mengingkari keberadaan virus korona.

Beberapa di antara mereka terus terang menyatakan tidak percaya dengan virus korona, sementara itu sebagian lagi terpaksa harus berkegiatan di luar rumah karena desakan ekonomi. Alih-alih menjaga kesehatan sendiri, mereka harus bekerja untuk menghidup keluarga.

Baca juga: Dukung Holding RS BUMN, IPC Harapkan Standardisasi Layanan

Berangkat dari situlah Yayasan Pstore Peduli dalam waktu dekat akan meresmikan Klinik Merakyat. Klinik yang akan memberikan layanan kesehatan gratis tanpa syarat kepada masyarakat itu akan menangani pasien layaknya berobat di rumah sakit pada umumnya. Mulai dari dokter umum hingga dokter spesialis dan beberapa perawat, serta apoteker yang siap bertugas melayani para pasien.

“Klinik Merakyat akan melayani masyarakat semua golongan, baik kaya ataupun miskin dan yang paling penting gratis tanpa syarat. Pasien yang berobat akan mendapatkan penanganan layaknya berobat di rumah saki. Mulai dari dokter umum hingga dokter spesialis yang sudah mendapat rekomendasi IDI. Dan mereka yang berobat di Klinik Merakyat ini  tidak dipungut biaya sedikitpun,” ujar ketua Yayasan Pstore Peduli, Irfan Toni Bahtiar dalam siaran persnya, Sabtu (19/9).

Menurut Irfan untuk mendapatkan layanan kesehatan gratis masyarakat tidak perlu menyiapkan data diri seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK). Karena sesuai visi dan misi Yayasan Pstore Peduli melayani masyarakat yang butuh pelayanan kesehatan gratis. “Tidak ada prosedur yang berbelit-belit semua dipermudah. Bukan hanya warga Condet dari manapun akan kami layani,” terang Irfan.

Dikatakan Irfan klinik yang berlokasi di jalan raya Condet Jakarta Timur itu akan buka setiap hari kerja, termasuk hari Minggu dan libur. “Kita siap melayani pasien setiap hari termasuk hari libur, dan  fasilitas yang ada di Klinik Merakyat setara dengan fasilitas puskesmas.”

Pada masa pendemi covid-19, Yayasan Pstore Peduli juga memiliki program seperti menyediakan rumah makan gratis tanpa syarat yang tersebar di beberapa tempat seperti Jakarta, Batam, Tangerang, dan Bandung.

“Khusus Jakarta berada di jalan raya Condet kami menyiapkan seribu porsi makanan siap saji setiap hari, juga pembagian sembako dan santunan yang kita sebar di beberapa lokasi di Jakarta dengan target penerima yakni anak yatim, jompo, fakir miskin,” ungkapnya.

Adapun program jangka panjang yayasan yakni melakukan renovasi masjid, pengadaan karpet masjid, pembagian ratusan Quran gratis, bedah rumah warga, renovasi pesantren, bantuan sosial korban bencana kebakaran, kebanjiran, tsunami hingga pembangunan rumah singgah para musafir, rumah yatim, dan rumah tahfidz.

“Karena itu kami Yayasan Pstore Peduli mohon doa masyarakat Indonesia agar kami tetap istiqomah dalam melayani dan berbagi kepada masyarakat yang kurang mampu,” pungkas Irfan. (RO/A-1)

BERITA TERKAIT