19 September 2020, 18:18 WIB

Pemilih di Pilkada Kalsel Mayoritas Milenial


Denny Susanto | Nusantara

PELUANG kelompok milenial untuk memenangkan pemilihan kepala daerah (Pilkada) di Kalimantan Selatan sangat terbuka. Mayoritas pemilih di Kalsel dimoninasi kelompok umur usia muda atau sering disebut kelompok milenial. Hal ini dikemukakan Akademisi Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin, Fikri Hadin, Sabtu (19/9). 

"Pada pilkada serentak di Kalsel kali ini muncul sejumlah paslon dari kalangan muda atau kaum milenial. Demikian juga para pemilih juga lebih banyak kalangan muda," tuturnya. 

Berdasarkan data statistik BPS Provinisi Kalsel, pemilih menurut kelompok umur dan data Pemilu 2019 sebelumnya jumlah pemilih kelompok umur milenial semakin mendominasi. Suara kelompok milenial ini sangat sexy dan menjadi perebutan para kontestan Pilkada.

"Ini menjadi peluang bagi paslon yang berasal dari kelompok milenial. Ada kecenderungan anak muda lebih memilih kandidat anak muda juga apalagi jika ada  pendekatan melalui media sosial maupun kegiatan yang bergenre mileneal," tambah Fikri. 

Di Kalsel sendiri Pilkada serentak akan berlangsung di tujuh kabupaten/kota dan Pilkada Gubernur-Wakil Gubernur. Ada sejumlah tokoh muda yang maju dalam Pilkada. Salah satunya di Kabupaten Tanah Bumbu dimana dari tiga pasang calon yang akan bertarung dua diantaranya berasal dari kelompok milenial yaitu pasangan Syafruddin H Maming-Alpiya Rahman dan Mila Karmila-Zainal Ariffin. Pasangan lainnya adalah Zairullah Ashar-M Rusli.

baca juga: Pasangan Rusdy-Ma'mun Dapat Dukungan dari Beragam Tokoh Agama

Fikri juga menyebut suara milenial sangat signifikan dan dapat menentukan siapa yang akan menjadi pemenang pilkada. Selain itu pelaksanaan Pilkada di tengah pandemi virus korona juga membuat  tantangan besar untuk mengejar partisipasi publik. Jika melihat kondisi seperti ini tidak salah kiranya siapa yang menguasai media sosial maka peluang para kontestan untuk menjadi pemenang di Pilkada  akan lebih besar. Ini yang disebut the power media social. Sementara Ketua KPU Kalsel Sarmuji mengatakan jumlah pemilih di Kalsel tercatat sebanyak 2,8 juta lebih dimana jumlah pemilih usia muda lebih banyak. (OL-3)


 

BERITA TERKAIT