19 September 2020, 15:03 WIB

Royal Enfield Ajak Berekreasi dengan Sepeda Motor


RO | Otomotif

PRODUSEN sepeda motor Royal Enfield mengungkapkan bahwa situasi pandemi yang membatasi pergerakan membuat masyarakat jenuh sehingga membutuhkan suasana baru untuk menyegarkan pikiran. Untuk berekreasi juga harus cermat menentukan lokasi yang aman dan nyaman.

Masyarakat umumnya menghindari tempat-tempat rekreasi yang ramai untuk menghindari risiko penularan. Ini sesuai dengan prediksi para pelaku industri pariwisata yang memperkirakan bahwa bepergian saat new normal akan berwujud road trip 'back to nature'.

Perjalanan seperti ini umumnya tidak membutuhkan moda transportasi yang membuat mereka membaur dengan banyak orang yang menggeser tren bepergian dengan transportasi umum ke kendaraan pribadi, dari hiruk pikuk tempat ramai ke tempat yang relatif lebih privat dengan nuansa alam. 

Selain dengan mobil pribadi, riding menggunakan sepeda motor menjadi salah satu pilihan paling sesuai. Terlebih bersepeda motor banyak menawarkan berbagai kelebihan dibanding menggunakan mobil, diantaranya:

Kepuasan Sejati 
Salah satu keistimewaan turing dengan sepeda motor adalah fleksibilitas dan akses tidak terbatas. Sepeda motor tidak memerlukan aspal atau jalan beton sehingga kita bisa melalui berbagai jalan setapak. Kemudahan tersebut memungkinkan Anda menemukan spot turis yang menakjubkan dan hanya dapat dijangkau oleh kendaraan roda dua.

Interaksi Sosial, pengalaman yang begitu berharga
Traveling dengan motor roda dua memberikan Anda kesempatan untuk berinteraksi, mengenal dan memahami kehidupan orang lain yang mungkin belum pernah Anda temui sebelumnya. Mendapatkan kesempatan untuk melihat hal baru, bertemu orang baru, dan mendengarkan kisah baru selama perjalanan akan membuat kita lupa rasa lelah dari perjalanan bermotor selama berjam-jam bahkan mungkin berhari-hari.

Mengenali diri sendiri
Selama perjalanan bermotor, sangat diperlukan kemampuan untuk membaca situasi, kematangan persiapan sebelum turing, dan stamina yang optimal. Dibutuhkan mental kuat dan pengetahuan medan yang akan dilalui. Banyak pelajaran yang dapat diambil saat menyelesaikan masalah dalam perjalanan. Mengambil keputusan yang tepat saat berkendara juga merupakan hal yang penting.

Sebelum Anda berpetualang dengan motor Anda, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Selain memastikan kondisi kendaraan dan tubuh dalam kondisi fit, beberapa protokol kesehatan perlu diperhatikan saat riding di masa new normal ini. Berikut tips dari Royal Enfield:

- Selalu jaga jarak aman.
Jagalah jarak secara fisik saat berkendara seperti saat berhenti di lampu lalu lintas.

- Kenakan perlengkapan berkendara yang tepat
Selain perlengkapan berkendara yang memenuhi standar keselamatan seperti jaket, celana, panjang, sarung tangan dan sepatu, kenakan balaclava sebelum mengenakan helm dan bawalah beberapa masker ekstra.

- Bersihkan sepeda motor Anda secara teratur
Lakukan protokol pembersihan mendalam setiap hari dengan larutan antimikroba yang terakreditasi dan usap untuk membersihkan setang, jok, tuas rem, dan permukaan lain yang biasa disentuh sebelum Anda berkendara. Bersihkan tombol-tombol pengoperasian seperti, tombol lampu sein, dan lampu utama sesering mungkin

- Jagalah kebersihan diri
Sebagai tindakan pencegahan, cobalah untuk tidak menyentuh wajah Anda saat berkendara. Gunakan pembersih tangan tepat setelah Anda berkendara dan jika memungkinkan cuci tangan Anda menggunakan sabun antiseptik di wastafel.

- Bersihkan perlengkapan berkendara dan helm Anda
Sterilkanlah helm Anda secara rutin, bisa dilakukan sendiri atau di tempat khusus perawatan helm.

(S-4)

BERITA TERKAIT