19 September 2020, 14:35 WIB

Alasan Covid-19, Tiongkok Larang Seafood dari Eksportir Indonesia


Haufan Hasyim Salengke | Internasional

EKSPORTIR makanan laut Indonesia kini dilarang masuk ke negeri tirai bambu. Alasannya, pemerintah Tiongkok menemukan virus Covid-19 dalam kemasan produk Indonesia tersebut.

Beijing akan menghentikan impor produk akuatik dari PT Putri Indah selama seminggu setelah menemukan partikel virus korona pada kemasan ikan buntut beku perusahaan tersebut, kata kantor bea cukai dalam sebuah pernyataan.

Perusahaan yang berbasis di Sumatera Utara itu tidak segera menanggapi permintaan komentar melalui pesan singkat dan telepon.

Otoritas Tiongkok telah memeriksa dan menyelidiki daging impor, makanan laut, kemasan, dan wadah sebagai sumber potensial covid-19 sejak Juni setelah berulang kali menemukan jejak patogen.

Namun, hanya enam dari lebih dari 500.000 sampel yang dinyatakan positif virus korona, kata bea cukai awal bulan ini.

Negara itu sebelumnya telah melarang impor produk termasuk daging beku, udang Ekuador, dan sayap ayam Brasil setelah hasil tes positif.

Sementara Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) mengatakan tidak ada bukti covid-19 ditularkan melalui makanan atau kemasan makanan, para peneliti Tiongkok telah menemukan virus korona pada salmon dingin mungkin bisa menular selama lebih dari seminggu. (Straits Times/OL-13)

Baca Juga: Cegah Virus Korona, Tiongkok Larang Perdagangan Satwa Liar

BERITA TERKAIT