19 September 2020, 06:07 WIB

Dewan Minta Pemprov DKI Jakarta Sosialisasi Insentif UMKM


Hld/J-2 | Megapolitan

PEMERINTAH Provinsi DKI Jakarta sudah meluncurkan sejumlah insentif untuk pelaku UMKM terdampak covid-19. Pada periode September 2020, nantinya terdapat 153 UMKM akan tergabung dalam proses pengajuan kredit modal kerja dengan total penyaluran dana sebesar Rp38,8 miliar.

Ketua Komisi B DPRD DKI Jakarta Abdul Aziz menilai terobosan program untuk menggeliatkan lagi perekonomian Ibu Kota memang perlu dilakukan. Terlebih, sektor bisnis UMKM menjadi salah satu yang sangat terpuruk akibat dampak kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Namun, di lapangan, Aziz masih menemukan masyarakat yang mengaku kesulitan dalam melakukan klaim pencairan insentif. Menurutnya, Pemprov DKI melalui Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (PPUKMP) perlu menggencarkan sosialisasi kepengurusan klaim dana kepada UMKM hingga ke tingkat terbawah, seperti kelurahan.

“Saya kira memang sosialisasinya harus dilakukan lagi, bagaimana caranya, bagaimana pendafatarannya, kemudian juga distribusinya, syarat-syarat UMKM seperti apa itu perlu dilakukan lagi. Jadi, sosialisasi harus clear dan menyentuh seluruh aspek dan dilakukan sungguh-sungguh,” kata Abdul dalam keterangan resmi, kemarin. (Hld/J-2)

BERITA TERKAIT