19 September 2020, 02:35 WIB

Tiongkok Gelar Latihan Militer di Selat Taiwan


MI | Internasional

TIONGKOK memulai latihan tempur di dekat Selat Taiwan, kemarin, di hari yang sama ketika seorang pejabat senior AS memulai pertemuan tingkat tinggi di Taipei.

Beijing tengah menyaksikan hubungan yang semakin dekat antara Taipei dan Washington, dan telah meningkatkan latihan militer di dekat pulau itu, termasuk dua hari latihan udara dan laut massal pekan lalu.

Juru bicara Kementerian Pertahanan Tiongkok Ren Guoqiang mengatakan latihan kemarin, yang tidak dia berikan perinciannya, terjadi di dekat Selat Taiwan dan melibatkan komando teater timur Tentara Pembebasan Rakyat.

“Itu tindakan yang wajar dan diperlukan yang ditujukan pada situasi saat ini di Selat Taiwan dan melindungi kedaulatan nasional dan integritas teritorial,” kata Ren.

Menurutnya, Taiwan ialah urusan internal Tiongkok murni yang tidak melibatkan campur tangan asing. Beijing pun telah mengecam langkah AS yang semakin erat dengan Taiwan yang diklaim mereka.

“Baru-baru ini otoritas Amerika Serikat dan Partai Progresif Demokratik (DPP) meningkatkan kolusi mereka, sering kali menimbulkan gangguan,” kata Ren, mengacu pada partai yang berkuasa di Taiwan.

“Mereka (DPP) menggunakan Taiwan untuk mengontrol Tiongkok dan mengandalkan pihak asing untuk mendukung,” tambahnya.

Hal itu, lanjutnya, merupakan anganangan DPP yang diyakininya akan menemui jalan buntu. “Mereka yang bermain api akan terbakar,” katanya. 

Wakil Menteri Urusan Ekonomi AS Keith Krach memulai hari pertama kunjungannya ke Taiwan. Dia dijadwalkan bertemu dengan Presiden Tsai Ing-wen dan pada hari ini menghadiri upacara peringatan mendiang Presiden Lee Teng-hui.

Tiongkok telah mengancam akan membuat tanggapan yang diperlukan atas perjalanan itu, memperburuk hubungan antara Beijing, Taipei, dan Washington. Hubungan Sino-AS anjlok menjelang pemilihan presiden AS pada November.

Jet tempur Tiongkok sempat melintasi garis tengah Selat Taiwan bulan lalu ketika Menteri Kesehatan AS Alex Azar berada di Taipei dan pekan lalu Tiongkok melakukan latihan skala besar selama dua hari di lepas pantai barat daya Taiwan. AS, seperti kebanyakan negara, hanya memiliki hubungan resmi dengan Tiongkok, bukan Taiwan, meskipun mereka merupakan pemasok senjata utama pulau itu dan pendukung internasional. (Van/CNA/I-1)
 

BERITA TERKAIT