19 September 2020, 01:45 WIB

XBox Series X versus PlayStation 5, Mana Lebih Keren?


MI | Teknologi

DUA perusahaan teknologi raksasa dunia, Sony dan Microsoft, siap kembali bertarung dalam ranah konsol gim. 

Keduanya berencana meluncurkan edisi terbaru dari produk ikonik mereka, PlayStation (PS) dan Xbox, di November 2020. Sony bakal mengusung PS 5, sedangkan Microsoft menghadirkan Xbox Series X. 

Dua generasi teranyar konsol gim itu sama-sama akan memiliki resolusi yang tinggi dan mesin bertenaga besar. Nah, pilih yang mana, ya?


XBox Series X

Harga
Sony akan menjual PS 5 dengan dua edisi, yakni reguler dan edisi digital. Edisi reguler dibanderol US$499 atau setara Rp7,4 juta per unit. Adapun PS 5 Digital Edition dihargai US$399 atau sekitar Rp6 juta. 

Untuk versi digital, pengguna hanya bisa mengunduh gim dari PS Store karena ketiadaan slot cakram optik di bagian depan. Di lain pihak, Microsoft akan menjual XBox Series X dengan harga sama, yakni US$499. Namun, akan ada versi ekonomis, yakni XBox Series S dengan harga sekitar US$299.

Desain
Dari sisi desain, dua konsol gim tersebut sama-sama tampil minimalis. Perbedaan mencolok terlihat dari sisi warna. Xbox Series X berwarna hitam dengan bentuk kotaknya. Adapun PS5 punya bentuk lebih unik, agak mirip Dell Alienware Gaming Desktop versi tipis, dengan paduan warna putih di bagian luar dan hitam di bagian dalam.

Central processing unit (CPU)
PS 5 bersemat CPU 8-core AMD Zen 2 yang dilengkapi simultaneous multithreading (SMT). CPU PS 5 dapat berubah-ubah frekuensinya tergantung kebutuhan. Maksimal berjalan di 3,5 GHz. XBox Series X menggunakan CPU serupa, tapi frekuensinya bisa berjalan di 3,8 GHz.

Graphcs processing unit (GPU)
Seperti CPU-nya, dua konsol gim ini memakai custom GPU serupa, yakni AMD RDNA 2. GPU itu telah memiliki kemampuan mendukung ray tracing secara hardware dan memiliki komputasi yang tinggi.

Bedanya, XBox Series X memiliki kemampuan komputasi sampai 12 terafl op, sedangkan PS 5 memiliki GPU yang menghasilkan komputasi sampai 10,3 terafl op. 

RAM (memori)
Keduanya memakai RAM 16 GB GDDR6 dengan interface 256 bit. Namun, XBox Series X membagi dua bagian RAM, yakni 10 GB yang kencang dengan 560 GBps dan 6 GB jalan lebih lamban di 366 GBps. Sementara itu, PS 5 tidak membagi memorinya. RAM 16 GB seluruhnya akan berjalan di kecepatan 448 GBps.

Internal storage
XBox Series X punya kapasitas 1 terabite. Storage yang digunakan ialah SSD NVMe dengan kecepatan tinggi. Internal storage PS 5 memiliki kapasitas ‘hanya’ 825 GB. Namun, karena menggunakan cip sendiri yang tidak ada di pasaran, kecepatan PS 5 diklaim bisa melebihi XBox Series X.

Controler
Masing-masing dilengkapi controler berwarna sama dengan mesin utama. Untuk XBox Series X, controler yang digunakan masih sama dengan seri sebelumnya. Alhasil, pengguna masih bisa menggunakan controler lama.

Pada PS 5, Sony mengenalkan DualSense pada contolernya. DualSense hadir untuk menggantikan DualShock yang dipakai PS 4. Controler anyar ini disebut akan lebih responsif dalam menerima stimulasi pengguna.

Permainan eksklusif
Kedua konsol akan hadir dengan beberapa judul permainan eksklusif masing-masing. Pada XBox Series X, pengguna masih akan disuguhkan Halo Infinite sebagai permainan andalan. Namun, juga ada suguhan permainan lain. 

Mulai dari Senua’s Saga: Hellblade II, Forza Motorsport 8, hingga State of Decay 3. Pada PS 5 akan ada beberapa judul permainan eksklusif seperti Spider-Man: Miles Morales, Ratchet & Clank: Rift Apart, Horizon: Forbidden West, serta Final Fantasy XVI. (Pro/Berbagai sumber/M-2)

 

BERITA TERKAIT