18 September 2020, 23:21 WIB

Cegah Kematian Akibat Covid-19, Manajemen ICU akan Diperbaiki


Atikah Ishmah Winahyu | Humaniora

WAKIL Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan, tingkat kematian tertinggi akibat covid-19 terjadi di instalasi Gawat Darurat (IC)U.

Oleh sebab itu, pihaknya akan berupaya meningkatkan manajemen rumah sakit, terutama di delapan provinsi yakni DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Bali, Sumatera Utara, dan Papua.

“Kami menemukan bahwa perlu peningkatan manajemen rumah sakit terutama dalam hal berhubungan langsung dalam penanganan covid-19, manajemen ICU, SDM, obat, dan peralatan, serta metode terapi,” ujar Luhut dalam konferensi pers, Jumat (18/9).

Baca juga : Luhut Prediksi Kasus Covid-19 Terkendali Usai Vaksinasi Massal

Malam ini pihaknya akan berdiskusi dengan Kementerian Kesehatan untuk menyiapkan kolaborasi dengan rumah sakit-rumah sakit yang ada. Luhut ingin manajemen rumah sakit dapat diperbaiki berdasarkan pengalaman selama enam bulan terakhir, sehingga angka kematian lebih dapat terkendali.

“RSPAD akan berkolaborasi dengan banyak rumah sakit. Kami sudah sepakat nanti malam dan besok (diskusi), maka hari Senin akan briefing seluruh rumah sakit di delapan provinsi tahap pertama untuk menyiapkan itu, sehingga penanganan manajemen untuk ICU dan juga training pada SDM dan pengecekan obat-obatan yang harus dimiliki oleh ICU itu akan segera kita selesaikan,” tandasnya. (OL-7)

BERITA TERKAIT