19 September 2020, 00:10 WIB

Menang, Garuda Muda masih Butuh Polesan


MI | Sepak Bola

PELATIH tim nasional U-19 Shin Tae-yong mengatakan anak-anak asuhnya masih memiliki banyak kekurangan walaupun menang 2-1 atas Qatar dalam laga uji coba di Kroasia, Kamis (17/9) malam.

Ini kemenangan pertama David Maulana dan kawan-kawan setelah melakoni empat laga uji coba di Kroasia. Dua kekalahan dialami ketika takluk 0-3 dari Bulgaria dan dilibas Kroasia 1-7, serta sekali hasil imbang saat berbagi skor 3-3 dengan Arab Saudi.

“Kami harus memoles kekurangan itu, seperti soal penjagaan terhadap pemain lawan, posisi bertahan, dan lain-lain,” ujar Shin, dikutip dari laman resmi PSSI di Jakarta, kemarin.

Walau begitu, juru taktik asal Korea Selatan tersebut mengaku senang anak-anak asuhnya dapat menaklukkan Qatar. Shin mengapresiasi usaha para pemain karena dalam laga itu Indonesia tertinggal terlebih dahulu.

“Senang kami mampu mengalahkan Qatar meski kami tertinggal terlebih dahulu. Pemain bekerja keras dan pantang menyerah selama pertandingan,” tutur pelatih Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu.

Pada pertandingan yang dilangsungkan di Stadion SRC Mladost, Cakovec, timnas U-19 Qatar unggul terlebih dahulu melalui gol dari Jassim Mohammed Al-Mehairi pada menit ke-12. Garuda Muda membalas melalui penalti Brylian Aldama di menit ke-17 dan gol kemenangan dilesakkan Mochammad Supriadi, 6 menit sebelum bubaran.

Pengamat sepak bola Mohamad Kusnaeni menilai Garuda Muda masih berproses dan masih memiliki jalan yang panjang. “Kita senang tim ini ada peningkatan. Tetapi kita harus juga melihat bahwa kualitas lawan yang dihadapi kali ini tidak sekuat turnamen sebelumnya di Kroasia,” ungkap Kusnaeni kepada Media Indonesia, kemarin.

Di bagian lain, PSSI menyambut kemenangan pertama selama melakoni pemusatan latihan di Kroasia. “Alhamdulillah, kami mengapresiasi kemenangan timnas U-19 atas Qatar. Pemain bermain bagus dan bekerja keras untuk meraih hasil maksimal,” ungkap Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan di Jakarta, kemarin. (Dro/PSSI/Ant/R-2)

BERITA TERKAIT