18 September 2020, 20:18 WIB

Kriminolog: Pelaku Mutilasi Kemungkinan Belajar dari Internet


Deden Muhamad Rojani | Megapolitan

PUBLIK dikejutkan penemuan mayat seorang pria yang dimutilasi di Apartemen Kalibata City, Jakarta. Ternyata, pelaku pembunuhan adalah sepasang kekasih berinisial LAS dan DAF.

Guru Besar Kriminologi dari Universitas Indonesia Adrianus Meliala menilai kasus pembunuhan disertai mutilasi yang dilakukan sepasang kekasih itu masih menjadi misteri.

Kasus mutilasi dengan korban bernama Rinaldy Harley Wismanu, dilakukan oleh pelaku yang tidak mempunyai catatan kriminal.

Baca juga: Sejoli Pembunuh Rinaldi Terancam Hukuman Mati

“Ini memang misterinya. Pelaku tanpa riwayat kejahatan, namun tiba-tiba mampu melakukan pembunuhan dengan perencanaan dan mutilasi,” tutur Adrianus saat dihubungi, Jumat (18/9).

Adrianus berpendapat kedua pelaku kemungkinan tidak pernah melakukan kejahatan serupa. “Itu ibaratnya orang tidak pernah duduk di SD atau SMA, tapi langsung jadi sarjana,” imbuhnya.

Baca juga: Polisi Kantongi Identitas Pelaku Mutilasi di Apartemen Kalibata

Ada kemungkinan jika pelaku mempelajari tindak pembunuhan dari internet. Perencanaan dan peralatan yang digunakan, kata dia, bisa dicari di internet dengan mudah.

“Ah tidak sulit itu. Searching google kan mudah. Waktu perencanaan kan cukup,” ujar Adrianus.

Mengingat pembunuhan dilakukan dua orang, potensi korban sampai meninggal pun sangat besar. “Pelaku kan pasangan. Dua orang itu saling mendukung. Yang satu mungkin takut, tapi didorong yang lain,” tutupnya.(OL-11)

 

BERITA TERKAIT