17 September 2020, 17:22 WIB

Pembangunan Transportasi Harus Ciptakan Perekonomian Baru


Insi Nantika Jelita | Ekonomi

MENTERI Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menuturkan, adanya pembangunan infrastruktur transportasi untuk menciptakan lapangan kerja serta menghidupkan ekonomi baru.

Pembangunan sistem transportasi, sebutnya, harus diamati dengan kacamata yang berbeda, tidak hanya memperhatikan biaya yang harus ditanggung oleh masyarakat dalam melakukan perjalanan atau out-of-pocket cost semata.

"Tapi juga harus memperhatikan dampaknya terhadap lingkungan di suatu wilayah agar muncul titik-titik pertumbuhan ekonomi baru," kata Budi webinar Publik Hari Perhubungan Nasional "Wujudkan Asa, Majukan Indonesia" pada Kamis (17/9).

Selain berdampak terhadap suatu wilayah, Menhub mengatakan, pembangunan sistem tranportasi harus dilakukan secara berkelanjutan yang memungkinkan kebutuhan akses yang mendasar bagi masyarakat.

Baca juga :Dorong Pemulihan Ekonomi, BI Pertahankan Suku Bunga Acuan

Kebutuhan itu kata Budi, dapat terpenuhi dengan terjangkau, efisien, dan mendukung perkembangan ekonomi.

"Adanya pembangunan sistem transportasi yang berkelanjutan nantinya diharapkan dapat menekan emisi atau limbah, meminimalisir konsumsi sumberdaya yang tidak terbarukan," terang Budi.

Diakui Menhub ada sejumlah tantangan yang belum terselesaikan dalam proses pembangunan transportasi. Diantaranya pemenuhan akses dan keterjangkauan, peningkatan pendapatan masyarakat dan perubahan karakteristik pasar baik lokal, regional maupun global, akan menuntut kualitas pelayanan transportasi yang lebih baik.

Hari Perhubungan Nasional, ungkap Budi, insan transportasi harus tetap dijalankan maksimal meski dengan mengedepankan protokol kesehatan dalam setiap pelayanan tranportasi. (OL-2)

 

BERITA TERKAIT