17 September 2020, 12:27 WIB

Operasi Yustisi Diminta Tegas Hingga Tingkat RT


Insi Nantika Jelita | Politik dan Hukum

MENTERI Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi (Maves) Luhut Binsar Pandjaitan meminta aparat keamanan membantu gubernur untuk menekan kasus covid-19. Hal ini berkaitan dengan operasi yustisi dalam penerapan protokol kesehatan.

Juru Bicara Menko Maves Jodi Mahardi menjelaskan, tugas Kodam saat ini melakukan pembinaan teritorial sampai ke tingkat RT dengan pesan yang tegas tentang protokol kesehatan, serta pembubaran kerumunan setelah jam waktu tertentu.

“Lalu, untuk Polda dan jajarannya berkewajiban melakukan operasi yustisi dengan tegas terhadap protokol kesehatan hingga tingkat RT serta pembubaran kerumunan massa pada jam tertentu," kata Jodi dalam keteranganya, Jakarta, Rabu (16/9).

Baca juga: Polisi Gencarkan Operasi Yustisi Selama PSBB

Jodi juga mengungkapkan perlu upaya tegas untuk mengubah perilaku masyarakat agar patuh mengikuti protokol kesehatan seiring tingginya kasus covid-19 yang mencapai 228 ribu kasus nasional.

"Kami melihat ada tren kenaikan di bulan September dibanding Agustus, kendati jumlah kesembuhan juga naik,” tutur Jodi.

Diketahui, pada Senin (14/9), Presiden Joko Widodo memerintahkan Menko Luhut untuk mengawal ketat penanganan covid-19 di DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Bali, Sumatra Utara dan Papua.

Provinsi-provinsi tersebut berkontribusi terhadap 75% dari total kasus atau 68% dari total kasus yang masih aktif di Indonesia. Dikutip dari situs corona.jakarta.go.id, jumlah kasus positif di DKI Jakarta per hari ini telah mencapai 56.953 orang dari jumlah nasional 225.030 kasus. Terkait hal ini, sekitar 77% kamar rawat inap dan ICU telah terisi oleh pasien covid-19. Lalu, klaster terbanyak di ibu kota merupakan klaster keluarga.(OL-5)

BERITA TERKAIT