17 September 2020, 12:17 WIB

Polisi Tegaskan Masker Wajib Dikenakan dengan Sempurna


Siti Yona Hukmana | Megapolitan

POLISI menegaskan masyarakat wajib menggunakan masker dengan sempurna. Warga yang melanggar aturan langsung ditindak.

"Sesuai Pasal 4 ayat (1) huruf a Pergub Nomor 79 tahun 2020, kewajiban menggunakan masker adalah yang menutupi hidung, mulut, dan dagu," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo saat dikonfirmasi di Jakarta, Kamis (17/9).

Sambodo mengatakan masker tidak hanya wajib dikenakan saat di luar ruangan. Masyarakat yang tengah mengemudi kendaraan roda empat pun harus mematuhi aturan tersebut.

"Di dalam Pergub tersebut tidak disebutkan ada pengecualian apabila menggunakan kendaraan sendirian," ujar Sambodo.

Baca juga: Ada PSBB Jilid II, Warga DKI Disebut Butuh BLT

Sejumlah masyarakat banyak terjaring tidak menggunakan masker saat mengemudi kendaraan roda empat. Masyarakat pun banyak yang protes.

"Tapi, ke depan, ini menjadi bahan evaluasi bagi kami," tutur Sambodo.

Sebelumnya, viral di media sosial Instagram yang memperlihatkan seorang perempuan yang mengaku tertangkap aparat penegak hukum. Dia tidak menggunakan masker dengan sempurna saat mengemudi mobil.

"Jadi aku tadi ketangkap gara-gara di mobil sendirian terus aku karena pengap mau bernapas sedikit cuma begini (menurunkan masker ke bawah hidung) ditangkap dong. Sekarang aku berada di pos terpadu dan di sini malah ramai orang, mereka lebih-lebih lagi tidak pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dan aku yang lagi sehat disuruh ke sini untuk duduk dan berkerumun dengan mereka semua," tutur perempuan tersebut.

"Menurut kalian ini apaan ya? Aneh banget. Ga tau apa ini disuruh mengantre padahal saya ada meeting pukul 09.00 WIB. Sekarang saya harus menunggu mau bayar atau kerja sosial," sambung dia. (OL-1)

BERITA TERKAIT