17 September 2020, 10:55 WIB

Longgarkan Lockdown, Afsel akan Buka Perbatasan Bulan Depan


Basuki Eka Purnama | Internasional

AFRIKA Selatan (Afsel) akan membuka perbatasan mereka pada bulan depan sebagai bagian dari pelonggaran lockdown seiring menurunnya kasus covid-19.

Afsel menutup perbatasan mereka saat memberlakukan lockdown ketat pada 27 Maret untuk menekan angka penyebaran covid-19.

Perbatasan pergerakan dan bisnis perlahan dibuka sejak Juni lalu namun perbatasan masih ditutup untuk mencegah masuknya covid-19 dari luar negeri.

Baca juga: Bolsonaro Tunjuk Jenderal Jadi Menteri Kesehatan

Presiden Afsel Cyril Ramaphosa, Rabu (16/9), mengatakan mayoritas pembatasan akan dicabut mulai 20 September dan perjalanan internasional akan diizinkan dilakukan secara bertahan dan berhati-hati pada 1 Oktober,

"Kita telah berhasil mengatasi badai covid-19," ujar Ramaphosa. "Kini, saatnya, kita memasuki masa normal baru selama covid-19 masih ada bersama kita."

Berdasarkan aturan baru, tempat pertemuan akan dibatasi kapasitasnya menjadi 50% dengan maksimal 250 orang menghadiri acara indoor.

Jam malam pukul 22.00 juga akan dilonggarkan menjadi tengah malam dan pembatasan maksimal 50 orang di tempat rekreasi juga dicabut.

Namun, acara olahraga masih belum diizinkan digelar dan semua warga negara wajib mengenakan masker. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT