17 September 2020, 10:44 WIB

Ini Alasan Saefullah Boleh Dimakamkan di Makam Keluarga


Cindy Ang | Megapolitan

JENAZAH Sekretaris Daerah DKI Jakarta Saefullah dimakamkan di makam keluarga yang berlokasi di Jalan Sungai Kendal, Cilincing, Jakarta Utara, kemarin, Rabu (16/9) sore. Makam keluarga tersebut dinilai sudah memenuhi standar protokol kesehatan covid-19.

"Sejauh tempat pemakaman keluarga memenuhi standar covid-16, diperbolehkan," ucap Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DKI Jakarta Chaidir saat dihubungi, Kamis (17/9).

Sebelum proses pemakaman dilakukan, kata dia, petugas pemakaman covid-19 telah menelusuri lokasi makam keluarga Saefullah. Jarak antara makam keluarga dengan lingkungan disebut memenuhi standar.

Baca juga: DKI Kehilangan Sosok Motor Penggerak

"Jaraknya jauh dari lingkungan, kemudian diseberangi Sungai Kendal, itu kan sudah memutus mata rantai covid-19," kata Chaidir.

Dia menuturkan masyarakat setempat juga menerima pemakaman Saefullah di makam keluarga tersebut. Sebab, Saefullah merupakan tokoh masyarakat yang dihormati.

"Kemudian tata caranya pemakamannya pakai protokol covid-19, jenazah diturunkan petugas covid-19, tidak ada yang dilanggar. Kita juga jaga jarak dan protokol 3m (memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak)," imbuh Chaidir.

Saefullah meninggal dunia pada Rabu (16/9) siang, pukul 12.55 WIB. Ia mengalami gagal nafas akibat covid-9, setelah 8 hari menjalani perawatan intensif di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat. (OL-1)

BERITA TERKAIT