17 September 2020, 09:46 WIB

Lagi, Pejabat Teras AS Berkunjung ke Taiwan


Basuki Eka Purnama | Internasional

SEORANG pejabat teras Amerika Serikat (AS) akan berkunjung ke Taiwan untuk menghadiri upacara mengenang mendiang Presiden Lee Teng-hui. Lawatan itu dipastikan akan membuat marah pemerintah Tiongkok.

Menteri Muda Pertumbuhan Ekonomi, Energi, dan Lingkungan Hidup Keith Krach tengah dalam perjalanan menuju Taipei untuk menghadiri acara yang akan digelar pada Sabtu (19/8) itu.

"AS sangat menghormati warisan Presiden Lee dengan melanjutkan kerja sama yang erat dengan Taiwan dengan berbagi nilai-nilai politik dan ekonomi," ujar juru bicara Kementerian Luar Negeri AS Morgan Ortagus.

Baca juga: Jaksa Agung AS Usulkan Demonstran Didakwa Makar

Lawatan Krach itu terjadi kurang dari sebulan setelah Menteri Kesehatan Alex Azar berkunjung ke Taiwan untuk melihat penanganan pandemi covid-19.

Tiongkok, yang hubungannya terus memburuk dengan AS, memperingatkan Washington bahwa mereka memprotes keras kunjungan pejabat 'Negeri Paman Sam' itu ke Taiwan.

Beijing memandang Taiwan sebagai wilayah mereka yang tinggal menunggu proses reunifikasi.

Lee, yang meninggal pada Juli lalu di usia 97 tahun, adalah sosok besar di sejarah Taiwan. Dia menegakkan demokrasi di Taiwan dan berusaha mendapatkan pengakuan kedaulatan dari dunia. (AFP/OL-1)

 

BERITA TERKAIT