17 September 2020, 07:49 WIB

PlayStation 5 Dirilis November Mendatang


Basuki Eka Purnama | Teknologi

SONY mengumumkan konsol PlayStation generasi berikutnya, PS5, akan diluncurkan pada November dengan harga US$499 (sekitar Rp7,4 juta) dan US$399 (Rp5,9 juta) untuk varian tanpa disk drive.

Pengumuman harga tersebut menjadi awal pertarungan akhir tahun antara Xbox dan PlayStation.

PlayStation 5 dan Xbox Series X memiliki harga yang sama. Namun, PlayStation 5 Digital Edition seharga US$399, "Menawarkan diskon substansial dalam hal kinerja atau perangkat keras," ujar analis di perusahaan analisis game Newzoo, Guilherme Fernandes.

Sony, yang membuat perubahan gaya dari generasi terakhir ke PlayStation 5 yang didominasi warna putih, menawarkan versi tanpa disk drive karena unduhan digital menjadi populer saat ini.

Baca juga: Panen Kemerdekaan Snack Video Dukung Ekosistem Kreator Konten

Sejumlah judul game yang akan datang diluncurkan untuk konsol tersebut termasuk eksklusif Final Fantasy XVI dari Square Enix, game God of War baru dari Santa Monica Studio milik Sony, dan sebuah game role-playing Harry Potter.

Pengumuman tersebut menambah deretan game di PlayStation setelah terungkapnya sejumlah judul, termasuk Marvel's Spider-Man: Miles Morales dari studio in-house Insomniac Games pada Juni. Game tersebut juga akan tersedia di PlayStation 4, menurut Sony.

"Jajaran game Sony yang fantastis menunjukkan mereka bertaruh lebih agresif pada game eksklusif sementara Microsoft berfokus pada harga yang lebih murah untuk membawa pengguna ke ekosistem Xbox," kata pendiri konsultan industri game Kantan Games, Serkan Toto.

Selain Xbox Series X, Microsoft juga telah mengonfirmasi kehadiran konsol dengan harga lebih terjangkau Xbox Series S dengan harga US$299 atau sekitar Rp4,4 juta.

Dengan kedua perusahaan berusaha mendorong pendapatan berulang, Sony mengatakan pelanggan PlayStation Plus akan memiliki akses ke katalog
game jadul PlayStation 4.

Pendapatan industri game tumbuh di antara konsumen yang tinggal di rumah karena pandemi covid-19, membantu meningkatkan saham Sony sebesar 46% sejak posisi terendah pada Maret.

"Menuju musim belanja akhir tahun, Anda menyeimbangkan ekonomi yang lemah dengan kebutuhan yang lebih tinggi untuk menghibur diri di rumah," kata analis Creative Strategies, Carolina Milanesi.

PlayStation 5 akan mulai dijual pada 12 November di Amerika Serikat, Jepang, Kanada, Meksiko, Australia, Selandia Baru, dan Korea Selatan, sebelum dirilis di wilayah dunia lain pada 19 November. (Ant/OL-1)

BERITA TERKAIT