17 September 2020, 07:40 WIB

Wartawan Senior Alwi Shahab Tutup Usia


mediaindonesia.com | Humaniora

WARTAWAN senior sekaligus penulis sejarah Betawi Alwi Shahab tutup usia Kamis (17/9) pukul 03.00 WIB di rumahnya Condet, Jakarta Timur. Wartawan senior terakhir bekerja di Harian Umum Republika dikenal sebagai penulis Jakarta tempo dulu. Putra Betawi kelahiran Kwitang, Jakarta Pusat 31 Agustus 1938 ini telah menjalani profesinya sebagai wartawan lebih dari 40 tahun.

Karier sebagai wartawan dimulai sebagai wartawan Kantor Berita Arabian Press Board di Jakarta pada 1960. Sejak Agustus 1963, ia pindah ke Kantor Berita Antara. Ia mulai menjadi reporter kota, kepolisian parlemen hingga ekonomi. Kemudian Alwi Shahab berpindah menjadi wartawan Istana periode 1969-1978.

baca juga: Tiga Kekuatan Indonesia Membangun Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Abah Alwi sapaan akrab Alwi setelah pensiun dari Antara pada 1993, ia bergabung dengan Harian Umum Republika. Ia tetap menjalani profesi sebagai wartawan di antara banyaknya anak muda di Republika. Sejak di Republika, Abah Alwi mulai menulis artikel tentang sejarah Kota Jakarta baik dalam bentuk tulisan lepas maupun berbagai rubrik. (OL-3)

 
 

BERITA TERKAIT