17 September 2020, 05:59 WIB

Jelang Bergulirnya Serie A, Pirlo Raih Lisensi Kepelatihan


Basuki Eka Purnama | Sepak Bola

PELATIH Juventus Andrea Pirlo dikabarkan lulus kualifikasi kepelatihan UEFA dengan nilai yang hampir sempurna, beberapa hari sebelum ia memimpin pertandingan kompetitif pertamanya dengan Bianconeri.

Pirlo mendapatkan lisensi kepelatihan UEFA Pro dan menyelesaikan ujian terakhirnya pada Selasa (15/9), sebelum Federasi Sepak Bola Italia (FIGC) memberikan persetujuan akhir pada Kamis (17/9).

Lisensi UEFA Pro diperlukan di Italia untuk setiap pelatih yang memimpin tim di Serie A atau Serie B.

Baca juga: Vedat Muriqi Resmi Direkrut Lazio

FIGC mengumumkan bahwa Pirlo telah mendapatkan skor 107 dari 110 pada ujian terakhirnya, menjadikannya siswa terbaik kedua di belakang mantan pelatih Genoa Thiago Motta, yang mencetak 108 poin.

Pirlo juga diminta menulis sebuah tesis sebagai bagian dari syarat mendapatkan lisensi UEFA Pro. Tesis yang ditulis pelatih berusia 41 tahun itu menganalisa perubahan peran pemain di lapangan.

"Tesis Pirlo menganalisa--menggunakan istilah yang ditulis pelatih itu sendiri--adaptasi konteks permainan yang kian cair," ungkap FIGC di laman daring resmi mereka seperti dilansir Goal, Kamis (17/9).

Pada kenyataannya, dalam sepak bola modern, makna peran sedang berubah. Bukan lagi posisi tetap yang mengidentifikasi karakteristik
seorang pemain, tapi lebih kepada perbedaan fungsi. Oleh karena itu, seorang pemain bisa dikenali lewat tugas yang dilakukan di pertandingan," lanjut FIGC.

Pirlo ditunjuk sebagai pelatih Juventus bulan lalu setelah klub itu memecat Maurizio Sarri. Sarri dipecat setelah Juventus disingkirkan Lyon dari Liga Champions di babak 16 besar.

Meski Pirlo tidak memiliki pengalaman melatih tim utama dan baru saja ditunjuk sebagai pelatih kepala tim U-23 Juventus, ia sudah ditugaskan menukangi juara Serie A berturut-turut itu.

Pirlo akan memimpin pertandingan pada Senin (21/9) ketika Juventus menjamu Sampdoria di Stadion Allianz. (Ant/OL-1)

BERITA TERKAIT