17 September 2020, 05:30 WIB

KLHK Siapkan Teknisi RAC Kompeten


Fer/H-3 | Humaniora

KEMENTERIAN Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melakukan penandatanganan skema sertifikasi teknisi refrige­rasi dan tata udara serta meluncurkan aplikasi MontiR-AC di Perayaan Hari Ozon Internasional, kemarin. Tahun ini, Hari Ozon Internasional yang diperingati setiap 16 September memiliki tema resmi dari United Nations Environment Programme (UNEP), yaitu Ozone for life.

Direktur Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim, Ruandha Agung Sugardiman menyebut salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengurangi penipisan ozon ialah dengan menyiapkan teknisi refrigerasi dan air conditioner (RAC) yang kompeten. “Teknisi yang kompeten ketika menyervis peralatan RAC dengan benar dapat menghindari terlepasnya refrigeran ke udara dan mengurangi penipisan lapisan ozon. Servis peralatan RAC yang sesuai dengan standar mesin tersebut juga dapat meningkatkan umur pakai mesin dan menghemat konsumsi energi dari peralatan yang digunakan,” kata Ruandha, Rabu(16/9).

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM KLHK, Helmi Basalamah, menyampaikan pembangunan dan pengembangan manusia akan dapat terwujud apabila didukung dengan sumber daya manusia (SDM) yang unggul dan berkualitas sesuai dengan tantangan kekinian. “Untuk meningkatkan kompetensi SDM KLHK, Kementerian LHK telah memfasilitasi 20 standar kompetensi kerja nasional indonesia (SKKNI) dan 14 standar kompetensi khusus aparatur LHK. Salah satu SKKNI yang telah di­susun, yaitu teknisi refigerasi dan tata udara,” sebut Helmi. (Fer/H-3)

BERITA TERKAIT