17 September 2020, 03:40 WIB

Sikat Wawrinka, Musetti Tantang Nishikori


MI | Olahraga

PETENIS muda Italia Lorenzo Musetti serasa mewujudkan impian menjadi kenyataan ketika menyisihkan petenis senior asal Swiss Stanislas Wawrinka di babak pertama Italia Terbuka, kemarin. 

Musetti pun bersiap menghadapi petenis ternama asal Jepang Kei Nishikori di babak kedua. Petenis berusia 18 tahun itu mengaku di masa kecilnya mengunjungi lapangan tanah liat Foro Italico, Roma, bersama keluarga untuk menyaksikan permainan Wawrinka. 

Kini, dia mengalahkan petenis yang pernah menempati peringkat tiga dunia itu dengan dua set langsung 6-0, 7-6 (7/2). “Saya pikir itu impian yang menjadi kenyataan dan saya masih tidak percaya apa yang saya lakukan malam ini,” ucap Musetti.

Musetti yang hanya memainkan satu pertandingan tingkat tur ATP, sebelum menghadapi juara grand slam tiga kali itu, menyingkirkan Wawrinka setelah bertanding 1 jam 24 menit. Wawrinka, 35, sama sekali tidak berkutik pada set pertama menghadapi permainan Musetti dan menyerah tanpa memperoleh satu gim pun.

Namun, Wawrinka mencoba bangkit setelah tertinggal 0-2 di set kedua. Pertandingan berlangsung ketat, tetapi kembali dia takluk melalui tiebreak. Di laga lain, unggulan ke-12 Denis Shapovalov melenggang mulus ke babak kedua setelah mengatasi petenis Argentina Guido Pella dua set langsung 6-2, 6-3. 

Petenis Kanada berusia 21 tahun itu mencetak 23 pemenang dan meraih 12 dari 15 poin di net. “Melawan Guido jelas bukan pertandingan yang mudah, terutama di lapangan jenis ini,” kata Shapovalov.

Pekan lalu, Shapovalov melaju hingga perempat fi nal AS Terbuka, grand slam pertamanya, tetapi kalah dari Carreno Busta lewat lima set. Di babak kedua, Shapovalov ditantang petenis Spanyol Pedro Martinez.

Dari sektor tunggal putri, petenis Spanyol Garbine Muguruza masih terlalu tangguh bagi Sloane Stephens (AS) dengan unggul dua set langsung, 6-3, 6-3. Pertandingan yang ditunggu karena mempertemukan dua pemain yang tangguh di tanah liat. 

Sloane Stephens pernah menapak hingga final grand slam Prancis Terbuka 2018. Adapun Muguruza memenangi satu dari dua gelar grand slam di Ronald Garros pada 2016. (Rif/ATPtour/WTA/R-2)
 

BERITA TERKAIT