17 September 2020, 02:15 WIB

Nuggets Tebar Sesumbar


Rifaldi Putra Irianto | Olahraga

DENVER Nuggets menyegel tiket final play-off NBA Wilayah Barat setelah berhasil menyingkirkan Los Angeles Clippers pada gim ketujuh semifinal, kemarin.

Nuggets yang tidak diunggulkan berhasil membukukan skor kemenangan 104-89 untuk meraih final Wilayah Barat pertama mereka dalam 11 tahun. Sempat tertinggal jauh 1-3, Nuggets mencoba bangkit dan mengumpulkan kemenangan untuk menyalip Clippers dengan kedudukan akhir 4-3.

Atas kemenangan tersebut, Nuggets akan bertemu lawan tangguh lainnya, Los Angeles Lakers, pada babak final playoff NBA Wilayah Barat. 

“Tidak ada yang menginginkan kita di sini (final), mereka (Lakers) juga harus mengkhawatirkan kita,” sesumbar pemain andalan Nuggets, Nikola Jokic.

Jamal Murray sukses mencetak angka tertinggi 40 poin untuk memuluskan kemenangan Nuggets, sedangkan Nikola Jokic mencetak triple double 16 poin, 13 assist, dan 22 rebound untuk membekuk Clippers. 

Sementara itu, Jerami Grant dan Gary Harris masingmasing menyumbang 14 poin. “Kami hanya meningkatkan permainan, kami melakukan pembicaraan, kami bertengkar, semuanya, kami seperti pasangan,” kata Jokic tentang bermain berdampingan dengan Murray sebagai penyumbang poin Nuggets.

Sepanjang gim ketujuh, Nuggets tampil lebih menjanjikan ketimbang Clippers. Jika dilihat dari persentase field goal, skuad asuhan Michael Malone itu mencapai 49,4% dan unggul jauh atas Clippers yang hanya mencatat 37,8%.

Sebuah lemparan tiga angka Murray membuat Nuggets memimpin 89-74 pada 8 menit 48 detik tersisa di kuarter kempat. Clippers terlihat tak bisa mencetak poin selama 7 menit berjalan, Nuggets pun memanfaatkan situasi untuk mejauhkan jarak poin 100-80 berkat dunk Grant pada 2 menit 10 detik terakhir.  Di sisa waktu, Nuggets pun akhirnya menutup pertandingan dengan skor 104-89.


Janji Walker

Di final Wilayah Timur, bintang Boston Celtics Kemba Walker menyatakan akan bermain lebih baik lagi setelah timnya menyerah dari Miami Heat dalam gim pertama, kemarin. 

Celtics takluk 117-114 pada pertandingan yang dimainkan di ESPN World of Sports Complex, Florida. Jimmy Butler menjadi sosok penting kemenangan Heat melalui sumbangan poinnya saat overtime tinggal menyisakan 12 detik.

Ia memancing lawan melakukan pelanggaran dan memasukkan bola lemparan bebas untuk membawa Heat unggul 116-114. Bam Adebayo kemudian mengeblok upaya pemain Celtics Jayson Tatum untuk menyamakan kedudukan dengan waktu tersisa 3,7 detik.

Adebayo kemudian memasukkan satu dari dua lemparan bebas dan Tatum gagal melesakkan bola lemparan tiga poin. “Jujur saja saya bermain buruk sekali,” kata Walker.

“Tidak banyak yang bisa saya katakan, tetapi saya harus menjadi lebih baik. Saya harus bekerja lebih baik lagi untuk tim ini pada kedua ujung lapangan, saya harus lebih baik lagi dalam membuat keputusan,” jelas Walker.

Setelah sempat sukses meraih angka pada awal play-off NBA pertamanya bersama Celtics, Walker mengalami kesulitan mencetak poin pada tiga laga terakhir selama play-off. Kini, Walker secara keseluruhan hanya berhasil mencatat 13 lemparan dari total 46 lemparan atau cuma memiliki efektivitas 28,3%. (AFP/ESPN/R-2)
 

BERITA TERKAIT