17 September 2020, 11:15 WIB

Suka Dinosaurus? Ikuti Lelang Kerangka T.Rex Terbesar ini


Galih Agus Saputra | Weekend

Kerangka yang dinamai 'Stan' - - dari nama paleontologis yang menemukannya--  ini diperkirakan hidup di Bumi sekitar 67 juta tahun yang lalu. Kerangka ini sekarang sedang dipamerkan untuk publik di Christie's Rockefeller Center di New York, AS, sebelum dilelang pada 6 Oktober esok.

Kerangka dari hewan purba nan ikonik itu diperkirakan akan terjual pada kisaran harga US$6 juta - US$ 8 juta (atau setara dengan Rp88,9 juta hingga 118 miliar).

Selama dua dekade terakhir, kerangka T.Rex ini bertempat dan dipelajari di Black Hills Institute, Dakota Selatan, dan telah menghasilkan lusinan makalah dari para ahli paleontologi.

Kerangka yang pertama kali ditemukan pada 1987 oleh seorang ahli paleontologi amatir bernama Stan Sacrison ini awalnya diidentifikasi sebagai kerangka dari Triceratops. Namun, setelah digali barulah para paleontologi tersebut sadar bahwa kerangka tersebut adalah milik T.Rex dengan berat 7-8 ton atau sekitar dua kali berat gajah Afrika dan gigi yang berukuran panjang yaitu leboh dari 27 cm.

"Kami merasa terhormat bisa membawa Stan ke pelelangan ini dan telah dipercaya sebagai pengawasan dari T.Rex yang ikonik dan penting ini," papar James Hyslop, kepala instrumen ilmiah dan sejarah alam Christie's Rockefeller Center, seperti dilansir cnn.com (15/9).

Bagaimana? Anda berminat memilikinya? Tentunya selain perlu merogoh kocek dalam, Anda juga perlu ruangan yang besar untuk memajangnya. Pasalnya, Stan memiliki tinggi 4 meter dan panjang kurang lebih 12 meter (nyaris separuh lapangan basket reguler) , menjadikannya kerangka T. Rex terbesar dan terlengkap di dunia, dengan 188 tulang yang tersusun lengkap. (CNN/M-2) 

BERITA TERKAIT