17 September 2020, 03:10 WIB

Isolasi Mandiri Picu Klaster Keluarga


Lilik Darmawan | Nusantara

KLASTER keluarga mulai terjadi di Banyumas, Jawa Tengah. Satu keluarga berjumlah delapan anggota, seluruhnya positif covid-19.

Keluarga bersangkutan bermukim di Kelurahan Rejasari, Purwokerto Barat. Virus berawal dari sang ibu menulari suami, meluas kepada 2 anaknya dan 4 cucu. Sang ibu kemudian meninggal dunia. Bupati Banyumas Achmad Husein meminta masyarakat untuk mewaspadai klaster keluarga, terutama yang yang memiliki penyakit bawaan.

“Anggota keluarga yang kormobit atau ada penyakit bawaan harus dijaga karena cukup berisiko,” ujarnya, Rabu (16/9). Hingga kemarin kasus positif di Banyumas menimpa 367 orang, 301 sudah sembuh, 9 meninggal dunia, dan 57 dirawat.

Untuk mencegah bertambahnya klaster keluarga, Pemprov Bangka Belitung melarang pasien positif menjalani isolasi mandiri. Gubernur Babel Erzaldi Rosman Djohan mengatakan isolasi mandiri yang selama ini dijalani para pasien covid-19 tidak menjamin satu keluarga terbebas dari covid- 19.

“Kita perlu mengambil langkah- langkah dan kemungkinan tidak ada lagi isolasi mandiri,” terangnya, Rabu (16/9). Pertimbangan melarang pasien positif covid-19 melakukan isolasi mandiri untuk mencegah terjadinya klaster keluarga. Pasien yang terkonfirmasi positif akan langsung menjalani isolasi di wisma yang telah ditentukan. Jika menolak, ia akan dijemput Satgas Covid- 19 bersama TNI/Polri. “Tidak ada pengecualian. Positif langsung dibawa untuk isolasi di wisma,” tegas Erzaldi.

Di Riau, perkembangan kasus positif terus meningkat. Hingga Selasa (15/9) terdapat penambahan 148 menjadi 4.054 kasus. Kepala Dinkes Riau Mimi Yuliani Nazir menyebut lonjakan kasus disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya terjadinya transmisi dari pasien covid-19 yang melakukan isolasi mandiri di rumah.


Tim pemburu

Polresta Sidoarjo, Jatim, tidak main-main dalam menegakkan disiplin protokol kesehatan untuk memutus penyebaran covid-19. Terbaru, Polresta Sidoarjo membentuk tim Pemburu Pelanggar Protokol Kesehatan (Mobile Covid Hunter) yang siap menindak siapa pun pelanggarnya.

Mobile covid hunter beranggotakan petugas gabungan dari Polri, TNI, Satpol PP, dan Dinas Perhubungan. Tim beranggotakan sekitar 100 personel terus keliling di seluruh 18 kecamatan Sidoarjo.

Dalam upaya memutus mata rantai virus korona, Bupati Tuban, Jatim, Fathul Huda, memperpanjang pembatasan jam malam di seluruh wilayah Bumi Wali. Kebijakan ini diberlakukan karena pembatasan jam malam sejak dua pekan lalu dinilai belum membuahkan hasil signifikan.

Salah satu area yang dianggap rawan penularan, yakni pasar. Wali Kota Palu, Sulawesi Selatan, menerbitkan aturan protokol kesehatan di pasar tradisional. Dalam Perwali Nomor 19/2020 itu dinyatakan pedagang dan pengunjung wajib menerapkan protokol kesehatan saat berada di pasar.

“Salah satunya diwajibkan menggunakan masker. Bagi pedagang atau pengunjung yang melanggar, kami akan mengeluarkannya dari lokasi pasar,” tegas Kepala Bidang Pasar, Disperindag Palu, Gunawan, Rabu (16/9). (RF/RK/HS/YK/TB/YR/LN/N-1)

BERITA TERKAIT