16 September 2020, 17:48 WIB

Warga Papua Bantu Lunasi Hutang Rp700 Juta Beasiswa Veronica Koman


Indriyani Astuti | Politik dan Hukum

WARGA Papua mengumpulkan uang yang ditujukan membantu Pegiat Hak Asasi Manusia (HAM) Veronica Koman. Melalui akun twitter pribadi @VeronicaKoman, ia mengucapkan terima kasih atas inisiatif warga Papua.

"Terima kasih rakyat Papua. Sayang!," ujar Veronica dalam unggahannya Selasa (15/9).

Warga Papua mengumpulkan uang di atas anyaman bambu. Ia juga menautkan sebuah cuitannya yang diunggah pada 14 Agustus 2020, sekelompok warga di Nabire, Papua Barat, melakukan aksi ‘ebamukai’. Ebamukai adalah istilah lokal Papua untuk menyebut patungan sukarela.

Baca juga: Ini Alasan LPDP Tagih Veronica Koman Kembalikan Beasiswa

Pengumpulan uang itu, menurut Veronica, ditujukan untuk membantunya melunasi dana beasiswa sebesar Rp773 juta yang harus dikembalikan pada Kementerian Keuangan. Veronica dianggap melanggar kontrak dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) pascamenyelesaikan studi jenjang magister di Australia.

Dalam waktu dua bulan, dana tersebut diklaim telah terkumpul. Perwakilan rakyat Papua mengembalikan utang Veronica Koman ke Kementerian Keuangan RI, pada Rabu (16/9) pukul 13.00 WIB. Namun, Veronica mengatakan dana tersebut belum diberikan lantaran kantor LPDP tutup.(OL-5)

BERITA TERKAIT