16 September 2020, 17:20 WIB

Akhir September, Target Anggaran Covid-19 Sentuh Rp100 Triliun


Andhika Prasetyo | Ekonomi

HINGGA pekan ketujuh setelah dibentuk, Satgas Pemulihan dan Transformasi Ekonomi Nasional telah menyalurkan anggaran penanganan covid-19 sebesar Rp87,5 triliun.

Ditargetkan, hingga akhir September, penyaluran berbagai bantuan bisa terus ditingkatkan hingga secara total menyentuh Rp100 triliun.

"Konsentrasi kami, konsentrasi satgas adalah mengejar angka Rp100 triliun sampai akhir September. Jika kita bisa menyentuh angka ini, efek multipliernya akan sangat membantu menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia di kuartal ketiga ini," ujar Ketua Satgas Pemulihan dan Transformasi Ekonomi Nasional Budi Gunadi Sadikin di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (16/9).

Untuk mencapai target tersebut, pihaknya akan fokus pada penyaluran dua program bantuan yakni Bantuan Presiden Produktif dan Bantuan Subsidi Upah.

Baca juga : BKPM: Investasi Semester I Dalam dan Luar Pulau Jawa Berimbang

Budi mengatakan, dalam waktu sekitar satu bulan, Satgas mampu menyalurkan Rp13 triliun atau 66% anggaran Bantuan Presiden Produktif yang disiapkan yakni Rp22 triliun.

"Kami harap, dalam dua pekan ke depan kami bisa salurkan Rp8,6 triliun lagi jadi pada akhir September kita sudah dekati target Rp22 triliun," tuturnya.

Adapun, untuk Bantuan Subsidi Upah, Satgas sudah mendistribusikan lebih dari Rp7 triliun melalui dua gelombang.

Ia menargetkan, hingga akhir September, akan ada tambahan penyaluran sebesar Rp8,8 triliun yang terbagi dalam tiga gelombang.

"Jadi ada dua program besar yang bisa didorong sampai akhir September. Kami harap ini bisa membantu masyarakat dalam menghadapi pandemi sekaligus mendorong pertumbuhan ekonomi nasional menjadi lebih baik," paparnya. (OL-2)

 

BERITA TERKAIT