16 September 2020, 16:30 WIB

Memilih Mainan untuk Merangsang Kecerdasan Anak


Suryani Wandari Putri Pertiwi | Weekend

Setiap anak memiliki kecerdasannya masing-masing. Ketertarikannya terhadap warna, musik maupun bentuk menjadi awal kecerdasan. Namun, yang sering terjadi orangtua kadang tidak mampu menggali ataupun memaksimalkan potensi pada anak.

Hal tersebutlah biasnaya membuat para orang tua mememanfaatkan berbagai metode pembelajaran untuk membantu menumbuh kembangkan potensi dan kecerdasan buah hatinya, salah satuanya melalui media manian.

“Anak-anak itu penuh dinamika, mempunyai rasa ingin tahu, banyak bergerak dan mengekspresikan minat mereka. Nah, potensi kecerdasan anak ini akan bisa lebih optimal jika ada alat-alat yang bisa merangsang potensi kecerdasannya,” kata psikolog anak Seto Mulyadi, atau akrab disapa Kak Seto, saat konferensi pers virtual Olike Edu Toys Launching, Jumat (11/9).

Baca juga: Dua Tahun Ujicoba, Server Microsoft ini Diangkat dari Bawah Laut
 

Ia menambahkan, alat-alat tersebut tentunya bisa dirancang untuk bermain namun secara tidak sadar memberikan pembelajaran yang efektif terhadap anak.

Berlatar belakang itulah, Olike Edu Toys (Olike) sebagai produsen khusus mainan edukasi anak melakukan riset berkelanjutan untuk dapat menciptakan produkproduk yang didesain sesuai dengan kebutuhan para anak.

“Olike mengombinasikan pengalaman belajar dan bermain untuk menstimulasi potensi anak mencapai tingkat terbaiknya. Dengan menggabungkan tiga hal yakni: teknologi, keinginan untuk mewujudkan impian anak agar bebas berekspresi, serta pembelajaran yang menyenangkan. Sehingga semua anak dapat tumbuh dengan bahagia, dan selurseluruh anggota keluarga turut menikmati tumbuh kembang anak”, jelas Fiki Khoerul Umami sebagai PublicRelation Olike Edu Toys.

Olike meluncurkan sekaligus tiga produk mainan edukasi yaitu Olike LCD Drawing Board, Olike Smart Sajadah, dan Olike Hand Roll Piano yang didesain khusus untuk anak-anak.

Ketiga produk tersebut ditujukan untuk anak berusia 3 s.d 10 tahun, di mana semua materialnya dipastikan aman dan nyaman digunakan oleh anak.

Menurut Fiki, Olike LCD Drawing Board dibuat dari curhatan orang tua yang mana anaknya suka menggambar di sembarang tempat, bukan hanya tembok tetapi kertas kerja orang tuanya. "Mainan ini diangkat dari masalah yang dikeluhkan orangtua, biasaya anak-anak mencoret-coret hingga kertas kerja orangtua. maka tercipta ini," kaa Fiki.

Papan gambar LCD ini dibuat tanpa radiasi dan sinar biru sehingga aman untuk penglihatan anak, karena menghasilkan goresan halus dan tajam yang penggunaannya sama dengan menggunakan 50.000 lembar kertas.

Sementara untuk produk Olike Smart Sajadah, terdapat fitur auto play sholat 5 waktu yang membimbing anak dalam melakukan gerakan dan melafalkan bacaan sholat dengan benar.

Sejadah ini mampu mendeteksi geraan sholat misalnya karena memiliki sensor sentuhan seperti tangan saat sedang melakukan sujud. Alat ini pun disertai audio bacaan sholat yang dinarasikan oleh hafidz cilik Indonesia sehingga anak mudah untuk meniru dan menghafalkan bacaan sholat.

"Jadi saat sholat, anak bisa sambil menghapal gerakan dan bacaan dari audio. Mereka akan epat menghapal karena seperti dibarengi dengan temannya," kata Fiki.

Adapun produk Olike Hand Roll Piano merupakan produk pertama yang rechargeable, di mana produk sejenis lainnya masih harus menggunakan baterai. "Produk ini berbahan soft silicon yang nyaman digunakan dan praktis untuk dibawa, tentunya dengan warna tuts yang ceria dan memudahkan anak menghapalkan tangga nada," kata M. Akbar, product Manager.

Produk Olike dikategorikan sesuai dengan multiple intelligence, yang mana setiap produknya menjadi media belajar yang menyenangkan untuk anak mengasah bakat, serta mendukung kreatifitas anak untuk mewujudkan mimpinya.

Olike senantiasa berkomitmen untuk menjadikan produk-produknya sebagai produk unggulan pilihan orang tua dalam mengasah kecerdasan si kecil.

Pada periode awal peluncuran Olike Edu Toys di tanggal 12 s.d 20 September 2020, ketiga produk terbaru Olike ini dapat dibeli secara pre-order di Tokopedia.Selanjutnya akan tersedia di dealer mainan anak dan modern channel, di antaranya Toys Kingdom, OPPO, Trio, Cititel, Felixindo. (H-3)

BERITA TERKAIT