16 September 2020, 14:52 WIB

Latihan Militer Dekat Taiwan, Tiongkok: Untuk Lindungi Kedaulatan


Faustinus Nua | Internasional

OTORITAS Tiongkok mengklaim latihan militer di lepas pantai barat daya Taiwan pekan lalu bertujuan melindungi kedaulatan negaranya.

Pernyataan otoritas Tiongkok merespons keluhan Taiwan terhadap latihan militer skala besar yang dinilai provokasi serius.

"Kegiatan latihan tempur oleh Tentara Pembebasan Rakyat di Selat Taiwan adalah tindakan yang diperlukan pada situasi keamanan saat ini. Untuk menjaga kedaulatan nasional," ujar juru bicara Kantor Tiongkok untuk Urusan Taiwan Ma Xiaoguang.

Baca juga: Tiongkok Ingin Ubah Nasib Taiwan Seperti Hong Kong

Agenda latihan juga menjadi peringatan bagi pasukan asing yang mendukung upaya kemerdekaan Taiwan. Seperti, Amerika Serikat (AS) yang merupakan pemasok utama senjata di Taiwan. Otoritas AS juga kerap mencampuri berbagai masalah politik di negara pulau tersebut.

Ma menilai pemerintah Taiwan mengizinkan pasukan anti-Tiongkok untuk memainkan perannya. Dengan mereka terus memprovokasi, Tiongkok perlu mengambil langkah tegas terhadap upaya kemerdekaan Taiwan.

"Mereka terus memprovokasi, serta menjadi ancaman dan pembuat masalah," pungkas Ma.

Tiongkok, yang mengklaim Taiwan sebagai wilayah kekuasaannya, telah meningkatkan kegiatan militer di dekat pulau. Otoritas Taiwan memandang tindakan Tiongkok sebagai intimidasi untuk menerima pemerintahan Beijing.

Baca juga: Pesawat Militer Tiongkok Kembali Terbangi Wilayah Taiwan

Taiwan pun mengecam latihan militer selama dua hari pada pekan lalu. Latihan berlangsung di zona identifikasi pertahanan udara Taiwan. Adapun Tiongkok diketahui menerbangkan jet tempur Su-30 dan J-10 canggih.

Presiden Taiwan Tsai Ing-wen memperingatkan risiko konflik akibat meningkatnya aktivitas militer Tiongkok. Otoritas AS juga menyatakan keprihatinan terhadap latihan Tiongkok minggu lalu. Negeri Paman Sam telah menggencarkan aktivitas militer di dekat Taiwan.(CNA/OL-11)

BERITA TERKAIT