16 September 2020, 14:52 WIB

Ini Bahayanya Jika Terlalu Sering Gunakan Sedotan


Putri Rosmalia Oktaviani | Weekend

MENGGUNAKAN sedotan sebagai medium ketika minum sudah sangat lazim bagi banyak orang. Sedotan juga sudah seperti barang wajib ketika membeli minuman di luar rumah.

Namun, tidak banyak yang tahu bahwa penggunaan sedotan secara terus-menerus dapat merugikan tubuh. Beberapa gejala bisa muncul, baik jangka pendek maupun panjang.

Seperti dilansir dari thehealthy.com, diketahui setidaknya ada lima kerugian bila seseorang terlalu serinf minum menggunakan sedotan.

Pertama ialah lambung akan lebih mudah dipenuhi oleh gas. Ketika menggunakan sedotan, udara yang ada di dalam sedotan secara otomatis akan ikut masuk ke lambung. Hal itu akan menimbulkan sensasi perut kembung.

Kedua, menggunakan sedotan juga dapat mempercepat munculnya keriput di wajah. Lekuk muka ketika menghisap air lewat sedotan dianggap menjadi penyebab utama pengeriputan.

Ketiga, membuat gigi menjadi lebih cepat rusak. Banyak orang mengira menggunakan sedotan akan membuat paparan warna dan gula dari minuman pada gigi akan berkurang. Namun, hal itu ternyata tidak benar. Paparan tetap akan terjadi pada seluruh area mulut meski menggunakan sedotan.

Keempat, menggunakan sedotan akan membuat seseorang lebih sulit mengontrol jumlah minuman yang mereka minum. Bila minuman yang dipilih adalah yang mengandung gula atau kalori tinggi, menggunakan sedotan akan membuat seseorang lebih berpotensi mengalami obesitas.

Kelima, masuknya sedotan ke area mulut juga berpotensi seseorang ikut menelan bahan kimia pembuat sedotan. Terutama bila sedotan berasal dari bahan plastik. (M-4)

BERITA TERKAIT