16 September 2020, 12:32 WIB

JK Rowling Dituding Antitransgender, Pemeran Hagrid Membela


Basuki Eka Purnama | Hiburan

AKTOR Robbie Coltrane, pemeran Hagrid di film seri Harry Potter membela JK Rowling atas tuduhan ujaran fobia trans.

"Kurasa apa yang dia katakan sama sekali tidak menghina. Aku tidak tahu kenapa tapi ada sekumpulan generasi Twitter yang keluyuran menunggu untuk merasa tersinggung atau mereka tidak akan menang perang, kan?" kata Coltrane pada Radio Times dikutip dari Independent, Rabu (16/9).

Juni lalu, Rowling dihujat habis-habisan atas serangkaian cuitan dia soal menstruasi yang lantas dianggap sebagai sikap anti-trans.

Dia kemudian menulis esai panjang di unggahan blog pribadinya.

Baca juga: Kim Kardhasian Bekukan Akun Medsos Pribadinya

Esai tersebut dikritisi kelompok pembela LGBT+ karena disebut tidak akurat dan melanggengkan ide berbahaya soal orang-orang transgender.

Coltrane melanjutkan, "Ini aku ngomong ngelantur kayak orang tua yang suka marah-marah, tapi kalian akan berpikir, oh sudahlah, jadilah bijak, bangkit dan lanjutkan hidup."

Aktor film Cracker itu menolak berkomentar lebih jauh.

"Aku tidak mau terlibat dalam semua urusan itu karena semua surat kebencian dan sampah yang aku enggak butuh di masa hidupku sekarang ini," lanjutnya

Rowling berulang kali mengelak dia punya pandangan fobia trans.

Minggu ini, dia dituduh lagi fobia trans setelah merilis buku terbarunya Troubled Blood yang dia tulis dengan nama alias Robert Galbraith.

Buku itu mengisahkan petualangan detektif yang mengungkap pembunuhan berantai yang dilakukan seorang laki-laki yang suka berpakaian layaknya perempuan. (Ant/OL-1)

BERITA TERKAIT